Gaya Hidup ›› Sekolah Harus Jadi Pelopor Kebersihan

Sekolah Harus Jadi Pelopor Kebersihan


Ambon - Setiap sekolah harus menjadi pelopor kebersihan di kota ini, sebab program jangka pendek Pemkot Ambon adalah bagaimana menjadikan Ambon sebagai kota yang bersih dan itu perlu mendapat perhatian serius baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Ambon memang sudah dua tahun terakhir menerima penghargaan Adipura namun masalah kebersihan masih perlu dibenahi baik itu sarana maupun prasarana yang ada.

Sejumlah tempat sampah yang disiapkan oleh pemerintah justru tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga sungai dan drainase dijadikan tempat untuk membuang sampah.

“Adipura yang didapat itu bukan merupakan target tetapi bagaimana membuat kota ini bersih dan nyaman untuk dikunjunggi, oleh karena itu kebersihan harus mulai ditanamkan oleh para siswa di sekolah,” pinta Walikota Ambon Richard Louhenapessy ketika melakukan rapat koordinasi dengan seluruh Kepala SMP, SMA/SMK se-Kota Ambon yang berlangsung di aula SMKN 1, Selasa (7/10).

Menurutnya, setiap kepala sekolah harus menanamkan kepada para siswa untuk hidup bersih serta mengajari mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika program ini bisa berjalan dengan baik, maka dirinya yakni Ambon yang diharapkan akan menjadi kota yang bersih dan nyaman akan terwujud.

Pada kesempatan itu, Walikota juga meminta agar setiap kali dilakukan apel disekolah para siswa harus terus diingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan pada waktu yang telah ditentukan, sebab para siswa harus jadi pelopor bagi semua orang dan bila ada orang dewasa yang membuang sampah di sembarangan tempat dan di tegur oleh anak sekolah pastilah mereka akan malu.

“Tertib sampah itu menjadi tanggung jawab bersama sehingga cita-cita untuk menjadikan Ambon bersih dan nyaman itu bisa tercapai,” harapnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon