Pendidikan ›› SDN 1 Poka Siap Songsong USBN

SDN 1 Poka Siap Songsong USBN


Ambon - Sebanyak 27 siswa SD Negeri 1 Poka, Kecamatan Teluk Ambon siap menyongsong pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang akan berlangsung, 22-24 April nanti.

Kepala SDN 1 Poka Burhan Sangadji mengaku, untuk mempersiapkan anak didiknya ikut USBN, saat ini pihaknya telah melaksanakan try out, yang  direncanakan berlangsung 1-4 April. Materi atau soal-soalnya disusun oleh kelompok kerja kepala sekolah di tingkat Kecamatan Teluk Ambon.

“Jadwal try out ini dilakukan secara serentak di seluruh SD yang ada di kota ini yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan,” ujar Sangadji kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (2/4).

Dijelaskan, hasil try out ini akan dilaporkan ke dinas, sebagai bahan evaluasi tentang kualitas dan mutu para siswa, apakah kedepan akan merubah sistem dalam proses menjelang ujian, sehingga Ambon dapat dijadikan pilot project untuk pelaksanaan ujian di Maluku.

Sejak bulan Januari, pihaknya telah melakukan persiapan terhadap peserta USBN, misalnya seperti les atau sekolah tambahan yang dikhususkan untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA. Namun dianjurkan juga untuk mata pelajaran PKn dan IPS.

“Kita dari awal sudah ada persiapan, sehingga tidak ada kekurangan, kita siap ikuti juknis dari pemerintah,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan USBN dapat berjalan lancar, selain itu diharapkan pelaksanaan USBN dapat dilakukan menggunakan sistem gugus, bukan lagi dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Dengan penerapan sistem gugus, maka biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Disamping itu, dalam hal tanggungjawab juga lebih ringan, untuk itu diharapkan kedepan USBN berlangsung menggunakan sistem gugus. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon