Kesra ›› Satpam Turut Mendukung Iklim Investasi Di Indonesia

Satpam Turut Mendukung Iklim Investasi Di Indonesia


Ambon - Satuan Pengamanan (Satpam), sebagai mitra Polri dalam menyelenggarakan fungsi pengamanan swakarsa, diakui telah mampu mendukung iklim investasi di Indonesia. Penegasan itu disampaikan Kapolri, Jenderal Polisi Timur Pradopo, dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Syarief Gunawan, pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-30, yang dipusatkan di Mapolda Maluku, Rabu (12/1).

"Peringatan HUT Satpam seyogyanya dilaksanakan pada 30 Desember lalu. Akan tetapi dikarenakan padatnya kegiatan jajaran Polri dari tingkat pusat sampai dengan daerah dalam melaksanakan tugas pengamanan tahun baru 2011 serta kesibukan dari semua pihak yang tergabung dalam komunitas industrial security, sehingga upacara peringatan HUT Satpam baru dapat dilaksanakan pada 12 Januari 2011," jelas Kapolri .

Dengan mengusung tema Melalui kemitraan yang sejajar kita wujudkan bentuk pengamanan swakarsa/Satpam sebagai profesi yang terukur dalam penyelenggaraan industrial security.

Kata Kapolri, tema tersebut menunjukkan sebuah semangat perubahan yang harus direalisasikan dengan mengedepankan komitmen kerjasama serta konsistensi dari segenap anggota Satpam di Indonesia, serta seluruh stakeholder dalam rangka meraih pengakuan serta profesionalisme di bidang industrial security.

Seiring dengan perkembangan perekonomian nasional, jaminan keamanan menjadi salah satu hal yang dominan dalam menciptakan iklim investasi. Menurut Kapolri, hal itu sebagai konsekuensi logis dari kebijakan ekonomi pemerintah yang membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya, dalam berbagai dunia usaha serta industri di Indonesia.

Kondisi tersebut merupakan tantangan yang harus dijawab khususnya oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri-red) sebagai pengemban amanah undang-undang dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

"Dalam mengembankan amanat tersebut, Polri tentunya tidak dapat berjalan sendiri. Hal ini menyangkut dinamika lingkungan strategis yang semakin berkembang," ujarnya.

Kapolri Menambahkan, Satpam sebagai mitra Polri, diharapkan dapat mengembangkan fungsi kepolisian terbatas dalam membantu Polri melaksanakan tugas pokoknya di lingkungan tempat tugas masing-masing.

Untuk diketahui, Hadir pada kesempatan tersebut pimpinan instansi pemerintah dan swasta, pimpinan dan pengelola badan usaha jasa Satpam serta perwakilan anggota Satpam yang ada di Maluku. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon