Daerah ›› Sampono: Pers Punya Peran Untuk Persatukan Bangsa

Sampono: Pers Punya Peran Untuk Persatukan Bangsa


Ambon - Kehidupan berbangsa dan ber­negara harus dilihat secara utuh dan tidak bisa dipisahkan dengan apa yang dikenal dengan empat pilar pembangunan.

Empat pilar pembangunan terse­but yakni Negara Kesatuan Repu­blik Indonesia (NKRI), Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan  UUD 1945. Ini penting disosialisasikan kepada inasan pers, karena peran pers ada­lah memberikan informasi dan pen­didikan politik kepada masyarakat. Disinilah peran pers untuk memper­satukan bangsa dengan melihat se­cara utuh bukan hanya sebagian kecil.

“Perdamaian yang ada pada kita sebagai kekuatan untuk mempersa­tukan bangsa. Kita terlahir dalam sebuah revolisi unik, karena bangsa ini miliki kultur, identitas sendiri dan komitmen dasar adalah empat pilar ini,” tandas Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono pada acara sosiali­sasi 4 pilar yang berlangsung Amaris Hotel, Minggu (30/7).

Menurutnya, pasca reformasi, bangsa ini kembali diperhadapkan de­ngan transformasi besar, dimana reformasi pada tahun 1998 masih jauh dari harapan.

“Ada yang hilang dari reformasi dan berakibat pemahaman orang itu sering berubah seperti kasar, anarkis,marah, transaksional, bah­kan korupsi,” ujarnya.

Dikatakan, ancaman besar yang saat ini terjadi adalah, liberalisme dan fundamental karena dua paham ini masuk dalam perubahan refor­masi. Yang perlu diselamatkan ada­lah, generasi muda bangsa dalam teater global agar tidak hilang adalah idiologi materialisme dan kemun­duran nilai dan norma.

Jati diri bangsa harus dikembali­kan dengan menjalankan empat pilar pembangunan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pancasila menjadi kunci dasar membangun bangsa.

“Pancasila juga adalah rumah kita, rumah berbangsa. Bangsa ini merupakan warisan luar biasa oleh pendiri bangsa yang mengacu pada nilai luhur dan bersifat originil dan tahan terhadap perubahan zaman,” pungkasnya. (S-39)  



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon