Daerah ›› Sambut MEA 2015, Pemda Diminta Perbaiki Fasilitas OKKPD

Sambut MEA 2015, Pemda Diminta Perbaiki Fasilitas OKKPD


Ambon - Untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Maluku berharap pemerin­tah daerah (pemda) memperhatikan Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD).

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, BKP Provinsi Maluku, Umar Polhaupessy, kepada Siwalima  Selasa (24/1) menjelas­kan, sampai sekarang fasilitas di OKKPD Maluku masih minim.

“Fasilitas di berbagai instansi yang tergabung dalam OKKPD belum cukup untuk memperkuat ketahanan pangan di Maluku. Apalagi menyambut MEA 2015. Misalnya saja di kasus apel impor, perlu waktu yang lama untuk hasil analisisnya keluar,” ujarnya.

Dikatakan, kasus apel impor hasil uji laboratorium lama keluar, itu lantaran selama ini fasilitas labora­torium yang belum mencukupi. Alhasilnya, sampel yang diuji se­ring dikirim keluar daerah sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar.

Polhaupessy menjelaskan, OK­KPD terdiri dari instansi terkait yang tergabung dalam jejaring keamanan pangan Provinsi Maluku antara lain Balai Pengawasan Obat dan Ma­kanan (BPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), BKP dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. 

Menurutnya, pengawasan terha­dap sayur dan buah mengahadapi MEA 2015 harus lebih ditingkatkan. Untuk itu, pengembangan dari segi sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur laboratorium harus segera dilakukan.

“Kami harap pemda lebih serius dalam memperhatikan masalah ini,” tandasnya

Ia menambahkan, koordinasi antar jejaring dinas-dinas terkait harus lebih solid. Terutama dalam hal pengawasan, seperti sayur dan buah segar harusnya diawasi sampai detail. Jangan hanya di swalayan, sehingga diharapkan keamanan pangan daerah dapat diwujudkan.(Mg-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon