Olahraga ›› Rute Jalan di Pulau Seram akan Diperbaiki Jelang Tour de Mollucas

Rute Jalan di Pulau Seram akan Diperbaiki


Ambon - Walaupun event balap sepeda Tour de Mollucas masih 8 bulan lagi, namun berbagai persiapan telah dilakukan termasuk jalan yang menjadi rute even ini akan segera diperbaiki.

Kepala Dinas PU Maluku, Ismael Usemahu menegaskan, setelah melakukan rapat dengan tim balap sepeda Tour de Mollucas, dirinya telah membahas ruas jalan di Pulau Seram yang butuh diperbaiki dengan Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan (BPJM) Maluku Maluku Utara.

“Sudah kita bicarakan dengan pihak BPJM untuk dalam waktu dekat, diupayakan sebelum event, ruas jalan yang menjadi rute balap sepeda sudah harus diperbaiki,” tandasnya kepada wartawan di Ambon, Sabtu (21/1).

Menurutnya, untuk ruas jalan di dalam Pulau Ambon, tidak ada masalah, akan tetapi ada beberapa ruas jalan di Pulau Seram yang perlu diperbaiki.

“Kalau di Pulau Ambon tidak menjadi masalah, tetapi yang di Pulau Seram, ada beberapa ruas jalan yang memang diperbaiki. Hanya sedikit masalah saja, ter­utama di simpang Waipia ke Saleman sampai ke Wahai yakni jalur “SS” itu ada kerusakan. Tetapi kita sudah koordinasi dengan Kepala BPJM,  jadi tahun ini se­belum acara jalan sudah diper­baiki,” jelasnya.

Bahkan menurutnya, bukan hanya jalan yang akan diperbaiki, namun jembatan yang rusak pun akan diperbaiki, terutama jemba­tan yang merupakan bagian dari rute balap sepeda Tour de Mollucas.

Sebelumnya diberitakan, Event balap sepeda bertajuk Tour de Mollucas akan ber­langsung 14 – 22 September 2017. Pembalap dari sejumlah negara sudah dilirik untuk diundang termasuk para pembalap dari Iran.

Para pembalap Iran selama ini dikenal sebagai langganan juara balap sepeda tingkat Asia. Mereka pun rutin mengikuti dan menjuari event balap sepeda yang sudah rutin digelar di Indonesia.

Tercatat tiga tim yang paling sering menjuara event ba­lap sepeda di Indonesia yaitu Iran Pishgaman Cycling, Tab­riz Petrochemical Cycling Team dan Azad University Cross Team.

Konsultan Utama Tour de Molluca, Jamaludin Mahmood, mengatakan nantinya tim yang akan diundang PB ISSI dan akan diundang. “Biasa yang kita undang itu tim-tim yang sudah top di Asia. Kita biasa akan umumkan ranking 1  sampai dengan 7. Biasanya dua dari Iran yang sering juara Asia, ada juga dari Australia, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Taiwan. Ada juga klun seperti dari Prancis. Termasuk juga tim balap sepeda nasional dari negara-negara Asia Tenggara,” ungkap Jamaluddin disela-sela penanda­tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Maluku dengan Event Organizer PT Mitra Lintas, di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/1).

Menurutnya, pihaknya akan melayangkan undangan kepada para klub maupun organisasi balap sepeda di masing-masing negara. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon