Daerah ›› Rumkital Suhardjo Jadi RS Unggul di Sektor Kelautan

Rumkital Suhardjo Jadi RS Unggul di Sektor Kelautan


Ambon - Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon terus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sejak Presiden Joko Wi­dodo menerapkan era poros maritim.

Buktinya, Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) FX Suhardjo dikembang­kan menjadi rumah sakit unggulan di sektor kelautan.  Salah satunya diantaranya, Rumkital FX Suhardjo akan mengoptimalkan peralatan ‘hyperbaric chamber’.

Bahkan untuk meningkatkan pela­yanan kedepan, Rumkital FX Suhar­djo kini telah menempati bangunan baru yang lebih representatif di dalam kompleks Mako Lantamal IX.

Soft OpeningRumkital FX Su­hardjo dilakukan oleh Danlantamal IX Laksma TNI Nurhidayat, Jumat (12/6), yang ditandai dengan peng­guntingan pita. Kegiatan tersebut merupakan simbolis pemanfaatan sementara Rumkital FX Suhardjo yang diba­ngun oleh Kementerian Perta­hanan (Kemhan) sejak tahun 2013.

Kepada wartawan disela-sela soft opening tersebut, Danlantamal mengatakan Rumkital FX Suhardjo merupakan unsur pelaksanan teknis yang bertugas untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi anggota Lantamal IX dan keluarganya setelah melalui balai pengobatan.

“Rumkital ini juga dapat diguna­kan oleh masyarakat umum khu­susnya yang mengikuti program BPJS Kesehatan,” katanya.

Danlantamal juga mengajak agar seluruh anggota Lantamal IX me­man­faatkan fasilitas rumah sakit dengan sebaik-baiknya agar selalu siap melaksanakan tugas dan peng­abdian bagi bangsa dan negara.  “Pe­li­hara dan tingkatkan profe­sionalitas pengawak rumah rumkital ini agar mutu pelayanan kesehatan tetap terjaga dan semakin baik,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Keseha­tan Provinsi Maluku agar di rumah sakit ini juga dilayani dokter spesialis. “Saat ini sudah ada bebe­rapa dokter spesialis yang melayani pasien di rum­kital ini diantaranya special kebida­nan, mata, gigi dan bedah,” katanya.

Ia juga menambahkan, pada tahun 2016 mendatang, rumkital juga men­dapat tambahan anggaran dari Mabes TNI maupun Mabes TNI AL untuk pengadaan peralatan penunjang.

Di tempat yang sama, Kepala Rumkital FX Suhardjo Letkol Laut (K) Hisnindarsyah mengatakan Rumkital akan menjadi rumah sakit yang unggul di sektor kelautan.

“Rumah sakit ini keunggulannya di bidang kesehatan kelautan khu­susnya terapi melalui peralatan hyperbaric chamber,” katanya.

Dijelaskan, peralatan tersebut meru­pakan terapi oksigen murni dengan memberikan 100 persen oksigen ke­pada pasien dalam suatu ruangan hyberbaric. Ruangan tersebut memi­liki tekanan lebih dari udara atmosfir normal. “Nantinya pada tahun depan kita akan memperoleh peralatan hyperbaric chamber yang baru lagi,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Rumkital FX Suhardjo memiliki sarana 72 tempat tidur dan 32 kamar untuk melayani rawat inap pasien. “Tahun depan kita akan meningkatkan sarana menjadi 150 tempat tidur da 57 kamar,” ungkapnya. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon