Politik ›› Rekomendasi PKPI Usai Verifikasi di KPU Jelang Suksesi Maluku

Rekomendasi PKPI Usai Verifikasi di KPU


Ambon - Ketua Umum PKPI Hendropriyono hingga kini belum mengeluar­kan rekomendasi kepa­da calon Gubernur Ma­luku. Diperkirakan, reko­mendasi baru dikeluar­kan setelah partai itu selesai mendaftar di KPU.

Ketua DPP PKPI Maluku, Lenda Noya mengatakan, PKPI baik di tingkat pusat hingga di daerah, sementara fokus untuk menghadapi verifikasi faktual oleh KPU dalam rangka Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Sejalan dengan itu, maka rekomendasi untuk balon kepala daerah termasuk untuk Maluku sementara ditunda.

“Ketua Umum PKPI sudah kembali dari luar negeri. Namun untuk rekomendasi terkait Pilkada Maluku belum dikeluarkan karena sementara ini sementara fokus untuk persiapan pendaftaran di KPU,” kata Noya kepada Siwalima, di Ambon, Kamis (12/10).

Ia memperkirakan, dalam pekan depan rekomendasi untuk Pilkada Maluku sudah bisa diproses oleh ketua umum. Untuk itu, DPP PKPI pada prinsipnya menunggu kepastian terkait keputusan DPN mengenai rekomendasi tersebut. “Mungkin pekan depan baru rekomendasi diproses,” ujarnya.

Lenda menambahkan, apapun keputusannya, PKPI Maluku dari provinsi hingga kabupaten/kota sampai pada struktur partai terkecil, akan mengamankan keputusan itu. Tidak hanya itu, setiap kader akan patuh Dan taat pada keputusan DPN. “Apapun keputusannya nanti, Kita siap amankan amanah DPN,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, DPN PKPI hampir dipastikan akan memberikan dukungan politik kepada Irjen Murad Ismail sebagai balon gubernur dalam Pilkada Maluku 2018 mendatang.

Informasi yang diperoleh Siwalima, salinan rekomendasi tersebut telah disiapkan namun belum ditandatangani Ketua Umum DPN PKPI AM Hendropriyono.

“Salinan rekomendasinya sudah ada, namun belum ditandatangani Pak Hendropriyono karena beliau masih diluar negeri,” ujar sumber Siwalima, Kamis (5/10).

Dikatakan, rekomendasi PKPI pasti akan segera dikeluarkan sekembalinya Hendropriyono dari luar negeri.

PKPI yang saat ini dikomandoi Jenderal Purn AM Hendropriyono hanya tinggal memutuskan satu dari tiga kandidat gubernur yang diusulkan oleh De-wan Pengurus Provinsi PKPI Maluku.

Tiga nama yang diusulkan oleh DPP PKPI Maluku diantaranya Komandan Korps Brimob Irjen Murad Ismail, Bupati Bursel Tagop Soulisa dan petahana Said Assagaff. Ketiga berebut rekomendasi PKPI yang memiliki 2 kursi di DPRD Maluku.

Murad saat tercatat sebagai balon gubernur pertama yang sudah memenuhi syarat pencalonan yaitu memperoleh rekomendasi minimal 9 kursi di DPRD Maluku. Hal ini karena mantan Kapolda Maluku mengantongi rekomendasi Partai Hanura dan Partai Nasdem yang masing-masing memiliki 4 kursi di DPRD Maluku serta PAN 1 kursi. (S-46)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon