Daerah ›› Realisasi Dana Kube di Hila Berjalan Optimal

Realisasi Dana Kube di Hila Berjalan Optimal


Hila - Realisasi penggunaan dana Kelompok Usaha Bersama (Kube) dari APBD tahun anggaran 2011 sebesar Rp 20 juta pada kelompok wirausaha di Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) berjalan optimal.

Hal ini terlihat jelas dalam Kunjungan Kerja (Kunker) yang dilakukan oleh komisi D DPRD Maluku yang diketuai Sufhi Majid bersama para Kube yang digelar di rumah raja Negeri Hila, Kamis (22/3), dalam pembicaraan bersama kelompok wirausaha yang terdiri dari kelompok usaha bidang pertukangan, perikanan dan peternakan.

Pihak Kube yang diwakili oleh bendahara kelompok, Halim Hanumru mengungkapkan, dana yang diperuntukan bagi pengembangan usaha mereka sangat bermanfaat dan membantu para pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

“Dari dana yang kami terima melalui dua tahap, tahap pertama  kami menerima Rp 10 juta yang diterima sejak bulan oktober 2011 dapat dimanfaatkan bagi pengembangan usaha kami,” katanya.

Dana Kube tersebut, lanjutnya, dipakai oleh para pengusaha berdasarkan bidang usaha mereka masing-masing. Untuk bidang perikanan, pihaknya telah membeli jaring dan perahu semang sebanyak satu unit. Namun peralatan ini belum dapat digunakan karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

“Untuk bidang perbengkelan. Kami telah membeli alat-alat seperti mesin angin dan pipa, dan telah memperluas bengkel. Usaha ini pun mengalami kemajuan yang pesat,” katanya.

Sedangkan bidang peternakan, ada dua jenis hewan ternak yang dikembangkan, yaitu ayam dan kambing. “Untuk kambing awalnya kami membeli 10 ekor, namun kendalanya kambing tersebut berpenyakit dan mati, sehingga untuk saat ini belum bisa menghasilkan bibit yang baik. Untuk ayam sendiri memang mengalami kemajuan dalam pembiakannya, namun sayangnya terjadi pencurian, sehingga kami pun dirugikan,” terangnya.

Mendengar keterangan tersebut, Ketua Komisi D DPRD Maluku ini berjanji, akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Maluku guna memberikan bagi para pengusaha khususnya di bidang peternakan. (Cr-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon