Pendidikan ›› Rayakan Hardiknas, CPGSN Gelar Berbagai Lomba

Rayakan Hardiknas, CPGSN Gelar Berbagai Lomba


Ambon - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini maka, Community Play Group Semenanjung Nusaniwe (CPGSN) menggelar berbagai lomba. Kegiatan tersebut dipusatkan di objek wisata Santai Beach Desa Latuhalat Selasa (2/5).

Empat mata lomba yang diper­tandingkan masing-masing, lari bola, gigi kerupuk, isi paku dalam botol, gigik sendok dan diakhiri dengan goyang tobelo bersama dengan orang tua murid. lomba ini diawali dengan upacara bendera serta pemberian bunga dari seluruh anak kepada setiap guru dan 9 pengelola lembaga PUAD di semenanjung nusaniwe.

Ketua CPGSN Benny Latumeten dalam sekapur sirihnya mengatakan, dalam upaya menumbuh kembangkan rasa kebersamaan sebagai orang basudara yang ada di semenanjung nusaniwe, maka hari ini (kemarin-red) dalam satu persekutuan, CPGSN melaksanakan serangkaian kegiatan  dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas).

“Berbagai kegiatan ini dilaksana­kan semata-mata bertujuan untuk mempererat rasa kebersamaan antar sesama anak negeri, para guru dan pe­ngelola lembaga PAUD di seme­nan­jung nusaniwe,” ungkap Latumeten.

Menurutnya, tanpa disadari, akibat perkembangan zaman yang semakin pesat telah terjadi dekadensi moral, sehingga perlu diantisipasi sejak dini kepada anak-anak. Oleh karena itu lewat lembaga PAUD, anak-anak harus diajarkan penerapan nilai-nilai budaya orang basudara yang ada di Maluku sehingga budaya pela gandong terus dilestarikan.

Memperingati Hardiknas tidak sekedar sebuah untuk mengenang para tokoh pendidikan nasional, namun lebih dari itu CPGSN bertekad menatap masa depan pendidikan yang ada di Maluku umumnya dan Kota Ambon khususnya.PAUD bukan saja harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah, tetapi juga memerlukan dukungan dari masyarakat terlebih khusus para orang tua peserta didik.

“Tanpa dukungan dari orang tua peserta didik tidak mungkin rencana kita terlaksana , untuk itu kami sangat berterima kasih atas dukungan para orang tua peserta didik sehingga kegiatan ini bisa terlaksana,” tuturnya.

Dikatakan, selain kegiatan-kegiatan ini, CPGSN juga akan berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidiklewat pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang.

“Kepada para guru teruslah berkarya agar dapat menghasilkan generasi emas yang baik. Kepada peserta didik gantunglah cita-citamu setinggi bintang di langit dan teruslah belajar agar dapat menggapai cita-cita yang dimpikan,” himbaunya.

Latumeten berharap, momentum Hardiknas tahun ini dapat menjadi momentum tersendiri bagi pemerintah baik ditingkat pusat provinsi maupun Kota Ambon untuk lebih serius lagi memperhatikan lembaga PAUD di Indonesia dan Maluku pada umumnya serta terlebih khusus di Kota Ambon.

Sementara itu Kepala UPTD Pen­didikan Kecamatan Nusaniwe Ny Dolly Lekidalila menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi bagi CPGSN karena dapat menyatukan seluruh lembaga PAUD di semenanjung Nusaniwe.

“Tahun 2013 lembaga PAUD mulai terbentuk di sini, tapi perjalanannya tersendat-sendat, tapi puji Tuhan kini mulai berjalan dengan baik, bahkan sudah terbentuk CPGSN semananjung Nusaniwe,” ujarnya.

Menurutnya, lembaga PAUD sangatlah penting, sebab lewat lembaga ini para guru meletakan dasar yang kuat bagi anak-anak untuk mempersiapkan mereka masuk ke jenjang yang lebih tinggi. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon