Daerah ›› Rayakan Galungan, Umat Hindu Gelar Persembahyangan

Rayakan Galungan, Umat Hindu Gelar Persembahyangan


Ambon - Umat Hindu di Ambon merayakan Hari Suci Galungan, hari raya terbesar dalam memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan) dengan penuh khidmat, Rabu (17/12).

Umat Hindu baik pria, wanita dan anak-anak dengan mengenakan busana adat didominasi warna putih dan wanita menjunjung sesajen (sesaji) pergi ke Pura untuk mengadakan persembahyangan.

“Umat Hindu pada hari Suci Galungan itu wajib melakukan introspeksi diri, agar sadar dan mengetahui kebenaran yang sejati, karena kebenaran itu tetap ditegakan,” jelas Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Maluku I Wayan Sutapa kepada Siwalima disela-sela persembahyangan yang berlangsung di Pura Siwa Stana Giri, Ambon, Rabu (17/12).

Dikatakan, umat Hindu diharapkan mampu meningkatkan sikap toleransi dan memantapkan kerukunan hidup antar umat beragama, yang selama ini hidup harmonis berdampingan satu sama lainnya.

“Umat Hindu dalam merayakan Hari Suci Galungan dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar mendapat bimbingan, tuntunan dan perlindungan, dengan harapan tetap pada jalan yang benar sesuai ajaran Dharma,” katanya.

Menurutnya, Hari suci Galungan selain bermakna memperingati kemenangan Dharma atas Adharma juga memberikan keheningan atas kemakmuran dan kesejahteraan yang dilimpahkan Ida Sanghyang Widhi Wasa.

“Hari Kemenangan Dharma sekaligus kebangkitan, tangga menuju pemusatan pikiran dan kesucian diri, agar umat manusia dalam menjalani kehidupan benar-benar suci dan bersih,” ungkapnya

Selain itu, Galungan juga merupakan momentum yang baik untuk mohon kepada Tuhan agar umat manusia dihindarkan dari bencana alam, yang belakangan ini muncul di mana-mana.

Persembahyangan yang berlangsung di Pura Siwa Stana Giri dipimpin Ida Bagus Wayan Keniten. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon