Daerah ›› Puskesmas Sudah Dapat Layani Penderita Aids

Puskesmas Sudah Dapat Layani Penderita Aids


Ambon - Bagi penderita HIV/AIDS saat ini patutlah bergembira karena untuk pemeriksaan kesehatan, mereka sudah dapat dilakukan di sejumlah puskesmas yang ada di Kota Ambon. Bahkan pelayanan yang diberikan bagi para penderita secara gratis.

Puskesmas yang dapat melayani para penderita ini adalah, Puskesmas Passo, Puskesmas Hative Kecil, Puskesmas Rijali, Puskesmas Karang Panjang, Puskesmas CH. M. Tiahahu, Puskesmas Waehaong, Puskesmas Air Salobar, Puskesmas Benteng, Puskesmas Amahusu dan Puskesmas Air Besar.

“Selain melayani pasien biasa, puskesmas yang sudah ditunjuk ini sendiri akan melayani pasien penderita HIV/AIDS secara gratis termasuk pengobatannya,” ungkap Kabid Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Ambon, Yusda Tuharea kepada wartawan di Ambon, Kamis (1/12).

Dikatakan, para penderita HIV/AIDS membutukan pemeriksaan intensif terkait dengan virus yang mereka idap selama ini termasuk perkembangannya. Tenaga kesehatan di semua puskesmas ini akan rutin melakukan pemeriksaan dan screening untuk mengetahui populasi perkembangan virus di tubuh pasien.

Screeningpopulasi dapat dilakukan setiap tiga bulan di puskesmas maupun klinik voluntary counseling and testing (VCT) untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang berisiko tinggi tertular HIV/AIDS. Selain puskesmas yang di tunjuk ini sendiri para pasien juga dapat melakukan pemeriksan pada klinik VCT di RUSD dr. M Haulussy, RS Sumber Hidup, RS Al Fatah dan BKPM Maluku.

“Kalau dulu memang pemeriksaan sulit dilakukan bagi pasien karena keterbatasan tempat pemeriksaan, namun sesuai dengan aturan dari kementerian semua kabupaten/ kota harus menyediakan layanan bagi penderita termasuk di Ambon,” ujarnya.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon