Politik ›› Puluhan Ribu Pendukung Sesaki Kampanye SETIA

Puluhan Ribu Pendukung Sesaki Kampanye SETIA


Ambon - Besarnya dukungan mas­ya­rakat Kota Ambon kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff-Zeth Sahuburua ternyata bukan sebatas bicara saja.

Buktinya puluhan ribu pen­dukung pasangan berjuluk SE­TIA yang berasal dari Kota Ambon memadati kampanye akbar yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (6/6).

Sejak pukul 13.00 WIT, pen­dukung SETIA telah mulai ber­datangan di lokasi kampanye sementara pasangan SETIA tiba beberapa saat sebelum kampa­nye tersebut dimulai pada pukul 14.00 WIT.

Puluhan ribu pendukung SE­TIA berasal dari kader dan sim­patisan Partai politik pengusung yaitu Partai Golkar, Partai Per­satuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Pelopor dan Partai Damai Sejahtera (PDS).

Banyaknya pendukung yang mema­dati kampanye akbar tingkat Kota Ambon tersebut membuat kemacetan di sejumlah ruas jalan. Bahkan saat kampanye sudah berlangsung pun massa pendukung masih terus ber­datangan. Ada juga yang masih tertahan di pinggiran Kota Ambon akibat kemacetan menuju pusat kota.

Selain calon Gubernur Said Assa­gaff dan calon Wakil Gubernur Zeth Sahuburua, tampil juga berorasi yaitu Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Arwani Thomafi, Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Hamzah Sangadji, Bendahara Umum DPP Partai Damai Sejahtera (PDS) Ferry Regar, Wali­kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon MAS Latuconsina.

Calon Gubernur Said Assagaff di depan massa pendukungnya mene­gaskan akan menurunkan angka kemiskinan dan angka pengang­guran di Provinsi Maluku. “Salah satu program prioritas kami adalah mengurangi angka kemiskinan yang pada tahun 2012 mencapai 20,76 persen menjadi lima persen,” tandasnya.

Dikatakan, masyarakat harus saling menghormati terkait pilihan-pilihan politik masing-masing orang saat pilkada dan jangan ada yang terkotak-kotak.

“Biarkanlah masing-masing orang memilih dengan hati nurani. Jangan ada pemaksaan dan jangan memilih hanya karena dilandasi faktor uang. Apapun pilihan politiknya, kebersa­maan dalam kehidupan masyarakat harus tetap dijaga. Jangan karena pilkada membuat masyarakat ter­kotak-kotak,” katanya.

Assagaff secara khusus juga me­nyampaikan apresiasi kepada seluruh warga Kota Ambon yang menjadi tuan rumah kontingen Provinsi Ban­ten saat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional tahun 2012 lalu. “Saat pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional tahun 2012 lalu, sebagai Ketua Panitia Pelaksana waktu itu saya juga menempatkan kafilah Pro­vinsi Banten menetap di kawasan Kudamati. Mereka merasa nyaman be­rada di Kudamati dan bahkan me­reka berhasil meraih peringkat kedua secara umum. Hal ini menjadi contoh kerukunan antar umat beragama dan menjadi pembahasan banyak orang,” ungkapnya.

Kedepan jelasnya, pasangan SETIA mendukung pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pes­pa­rawi) Tingkat Nasional di Ambon tahun 2015 mendatang.

“Jika saat MTQ Tingkat Nasional tahun 2012 lalu kita membangun Masjid Alfatah dan Islamic Center maka menjelang Pesparawi Tingkat Nasional di Ambon tahun 2015 men­datang, maka pasangan SETIA men­du­kung penyelesaian renovasi Gereja Maranatha dan juga sudah memper­siapkan rencana pembangunan ge­dung yang saya namakan Kristen Center,” jelas mantan Sekda Maluku ini.

Assagaff juga mengajak pendu­kungnya untuk menjaga keamanan menjelang maupun saat pelaksa­naan tahapan pencoblosan Pilkada Maluku. Dijelaskan situasi dan kondisi keamanan harus tetap kondusif agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut dapat berlang­sung aman dan lancar.

“Jangan berkelahi hanya karena perbedaan pilihan saat pilkada. Saya katakan ini karena sering terjadi bentrok akibat perbedaan pilihan saat pilkada. Jangankan antar warga, terkadang juga ada anak bentrok dengan orang tua, begitu juga ada suami dengan istri bentrok karena masalah pilkada,” jelasnya.

Calon Gubernur Maluku yang di­usung Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasio­nal (PAN), Partai Pelopor dan Partai Damai Sejahtera (PDS) ini mene­gaskan jika situasi dan kondisi keamanan tetap kondusif maka kedepan angka kunju­ngan wisatawan dapat terus mening­kat.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat tampil berkampanye mengaku dirinya sangat rindu kemajuan yang dialami Kota Ambon dapat menular ke kabupaten/kota lainnya di Maluku.

“Saya rindu kemajuan yang dialami Kota Ambon dapat menular ke kabupaten/kota lainnya di Maluku. Semangat keberhasilan Ambon harus ditransfer ke kabupaten/kota lainnya. Hal itu hanya bisa dilakukan jika pasangan SETIA memimpin Provinsi Maluku,” ungkapnya.

Selama lima tahun terakhir ini, kata Louhenapessy, Gubernur Maluku KA Ralahalu dan Wakil Gubernur Said Assagaff telah menanam pohon kerukunan. “Pohon ini sudah membe­ri­kan pengayoman yang sangat luar biasa. Buah-buah kemiskinan berku­rang. Buah-buah rasa aman semakin tumbuh. Olehnya itu, kita butuh pe­mimpin untuk meneruskannya. Pemimpin seperti itu hanya ada pada pasangan SETIA,” katanya.

Di tempat yang sama, calon Guber­nur Maluku Zeth Sahuburua mene­gas­kan, pasangan SETIA sangat komit­men untuk membangun Maluku agar masyarakat  lebih sejahtera seba­gaimana visi yang diusung yaitu “Mantapkan Pembangu­nan Maluku Yang Rukun, Religius, Damai, Sejah­tera, Aman, Berkualitas Dan Demo­kratis Dijiwai Semangat Siwalima Berbasis Kepulauan Secara Berke­lanjutan”.

“Provinsi Maluku bisa maju hanya jika dipimpin oleh orang-orang yang setia bersama-sama rakyatnya. Pasa­ngan SETIA sangat komitmen untuk membangun Maluku sehingga pada akhirnya tercipta masyarakat Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas dan demokratis. Kita menargetkan untuk mempercepat lom­patan-lompatan yang saat ini sudah diraih, diantaranya seperti menurun­kan angka kemiskinan,” katanya.

Menurut Sahuburua, pasangan SE­TIA sudah berpengalaman dalam me­mimpin Provinsi Maluku, sehingga kedepan akan terus bekerja untuk rak­yat Maluku, yang rukun, aman, maju, sejahtera, berkualitas dan demokratis.

Sahuburua juga mengajak mas­yarakat untuk memilih pasangan SETIA pada Pilkada Maluku dengan mencoblos nomor urut 5.  

Pasangan SETIA akan mengakhiri kampanye Pilkada Maluku dengan menggelar kampanye akbar di wilayah Kabupaten Maluku Tengah (Mal­teng) yang dipusatkan di Negeri Tu­lehu, Kecamatan Salahutu. Kampanye tersebut akan dihadiri oleh pendukung SETIA dari Kecamatan Salahutu, Leihitu, Leihitu Barat, Salahutu, Sa­parua dan Nusalaut. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon