Daerah ›› Puluhan Mobil Tangki BBM Ditera Ulang

Puluhan Mobil Tangki BBM Ditera Ulang


Ambon - Dinas Perindustrian dan Perdaga­ngan (Disperindag) Kota Ambon melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi melakukan tera ulang kepada puluhan truk tangki Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dilakukannya tera pada truk-truk BBM ini bertujuan guna mengantisipasi berkurang­nya volume muatan dalam truk tersebut. Tera truk tangki adalah merupakan jumlah nilai batas hitungan cairan yang ditentukan berdasarkan hasil pengukuran dari UPTD Metrologi untuk mendapatkan nilai kapasitas sebuah tangki. “Sudah 30 unit truk BBM dari sejumlah perusahaan yang kita tera,” ungkap Plt Kadis Perindag Kota Ambon Pieter Leuwol kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/5).

Menurutnya, belum semua truk pengangkut BBM telah ditera, namun target kedepan semuanya harus ditera. Hasil tera ini akan dituangkan ke selembar kertas yang tentunya telah ditandatangani dan distempel serta harus selalu dibawa oleh pengendara truk ketika beroperasi.

Proses tera yang dilakukan kali ini sama, namun setiap truk memiliki volume isi dan kapasitas yang berbeda, dimana ada yang berkapasitas 5 rubu liter, 8 ribu liter, 16 ribu  liter, 24 ribu  liter dan 32 ribu  liter sehingga tidak sama satu dengan yang lain.

“Jika truk tangki dengan kapasitas 32 ribu liter, terdapat dua komper­temen masing-masing berjumlah 16 ribu liter atau tangki 24 ribu liter, terdapat tiga kompertemen berkapasitas 8 ribu  liter. Alat ukurnya akan di masukan dalam tangki untuk diketahui berapa jumlah BBM yang terisi di dalamnya,” ujarnya.

Nantinya kata dia, setelah truk pengangkut BBM, pihaknya juga akan melakukan tera terhadap seluruh mobil truk tangki air bersih. Hal ini dilakukan agar apa yang dimuat itu baik BBM maupun air sesuai dengan kapasistas tangki yang disediakan. “Kenapa demikian jangan sampai tangki ukuran 5 ribu  liter ternyata setelah diukur jumlah berkurang atau melebihi,” pungkasnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon