Politik ›› PPK & PPS se-Kota Ambon Harus Independen

PPK & PPS se-Kota Ambon Harus Independen


Ambon - Menjelang Pilkada Maluku 2018, KPU Kota Ambon melantik puluhan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan ratusan anggota Panitia Pe­mungutan Suara (PPS), Sabtu (11/11).

Pengambilan sumpah janji dan pelantikan anggota PPK dan PPS  ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Ambon, Martinus Kainama.

Pantauan Siwalima, proses pelan­tikan PPK dan PPS yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon ini terbagi dalam dua tahap. Pelantikan pertama yaitu untuk 25 anggota PPK yang berlangsung pukul 10.00 WIT. Sedangkan untuk 150 PPS dilantik pukul 13.00 WIT.  “Ada 25 anggota PPK dan 150 anggota PPS sdilantik dan diambil sumpahnya,” kata ketua KPU Kota Ambon, Martinus Kainama, Sabtu (11/11).

Menurut Kainama, 25 anggota PPK ini ditempatkan di 5 kecamatan, dimana masing-masing kecamatan ada 5 orang PPK. Sedangkan 150 orang PPS disebar di 50 desa/kelurahan di 8 kecamatan.

Ia sendiri berharap para anggota PPK dan PPS yang baru dilantik dan diambil sumpahnya bisa menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku. Tidak hanya itu, mereka juga harus bekerja membantu KPU dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta independen.

Komisioner KPU Ambon Devisi Sumber Daya Manusia, Syafrudin Layn menerangkan, proses pelantikan anggota PPK dan PPS tersebut nantinya akan bertugas dalam menghadapi pemilihan secara langsung gubernur dan wakil gubernur Maluku tahun 2018. Untuk itu, kepada para anggota PPK dan PPS agar dapat membantu KPU dalam melaksanakan proses tahapan Pilkada.  “Semoga Pilgub Maluku 2018 bisa berjalan dengan aman dan baik,” harapnya. (S-46)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon