Hukum ›› Polres Ambon Bidik Korupsi DD Hatalai

Polres Ambon Bidik Korupsi DD Hatalai


Ambon - Penyidik Satreskrim Polres Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease membidik, kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Negeri Hatalai, Kecama­tan Leitimur Selatan, Kota Ambon tahun 2016 bernilai Rp 800 juta.

Informasi yang diperoleh Siwalima menyebutkan, anggaran ratusan juta ini diperuntukan bagi sejumlah proyek diantaranya, pekerjaan talud penahan tanah Paud Hatalayo dan Posyandu sepanjang dengan tinggi 7 meter, dan panjang sekitar 10 meter, pengadaan lampu jalan dan beberapa proyek lainnya.

Kata sumber itu, Inspektorat Kota Ambon telah memeriksa sejumlah proyek yang dibiayai dengan DD Hatalai, sehingga ada rekomendasi untuk saniri negeri mengembalikan sisa anggaran.

“Saat dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat Kota Ambon, ternyata sisa anggaran harus dipulangkan ratusan juta rupiah,” kata sumber dari Pemkot itu.

Kata sumber itu lagi, hingga tahun 2019 ini, sisa peng­gunaan anggaran DD Negeri Hatalai ini tidak pernah dikembalikan, alhasilnya Inspektorat merekomendasi kepada Polres Ambon untuk mengusutnya.

“Sudah sekitar tujuh orang yang diperiksa oleh penyidik satreskrim Polres dan kini masih terus dilakukan,” ujar sumber lain di Polres Ambon.

Mereka yang sudah diperiksa masing-masing, Semi Salamena (pekerja proyek lampu jalan), Alfred Pattiruhu (pekerja proyek talud), mantan Wakil ketua Saniri F Pattiruhu dan beberapa perangkat saniri.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Juskisno Kaisupy saat dikonfirmasi, Kamis (11/7) membenarkan pihaknya mengusut kasus itu.

Namun Kaisupy menolak menyebutkan secara detail pemeriksaan kasus itu. ia pastikan, perkara ini baru ditangani dan masih lidik oleh penyidik Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon