Kriminal ›› Polisi Musnahkan 16 Ton Sopi

Polisi Musnahkan 16 Ton Sopi


Ambon -  Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mengamankan dan memusnahkan 16 ton lebih minuman tradisional jenis sopi.

Belasan ton sopi ter­sebut  merupakan hasil sitaan Polres dan Polsek jajaran selama 5 bulan, Ja­nuari-Mei 2019.

Secara simbolis Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau lease, AKBP Sutris­no Hadi Santoso me­musnahkan 1.225 liter sopi dengan cara ditum­pahkan ke da­lam saluran pembu­ang­an di depan Ma­polres Ambon, Selasa (7/5).

Menurut Hadi, terdapat modus baru dalam penyelundupan sopi. Modus tersebut yakni pemilik me­masukan sopi ke dalam wadah yang kemudian ditutupi dengan sagu.

“Saat ini yang kita musnahkan 1.225 liter, sedangkan yang dimus­nahkan di polsek jajaran ada sekitar 14.913 liter. Nah, dalam razia yang kita lakukan ada modus baru yaitu memasukan sopi ke dalam tumang sagu, jadi seolah-olah secara kasat mata adalah sagu, namun didalam­nya dimasukan sopi, hal tersebut dikakukan untuk menghindari razia petugas,” jelas Hadi.

Ribuan liter sopi tersebut berasal dari Pulau Seram dan wilayah Teng­gara Maluku. Hadi menegaskan, akan menindak tegas pemilik sopi.

“Kalau untuk penegakan saat ini kita punya yurisprudensi, bah­wasannya pemilik sopi bisa dipi­dana dan dikenakan undang-undang pangan dan undang-undang kon­sumen, dengan begitu tidak ada toleransi lagi untuk pemilik miras,” tandas Hadi.

Hadi mengatakan, saat penyitaan di kapal kebanyakan tidak ada yang mengaku sebagai pemilik sopi.

“Untuk hasil sitaan kebanyakan dari kapal, dan tidak ada yang mau mengakui sebagai pemilik sehingga hasil sitaan yang dilakukan hanya berupa barang bukti dan tanpa pemilik,” jelasnya.

Hadi menegaskan, Polres Pulau Ambon berkomitmen untuk me­nekan peredaran sopi di wilayah hukum Polres Ambon. Sebab, ba­nyaknya tindakan kriminal dipicu oleh sopi.

“Kalau kita lihat ganguan kamtibmas yang terjadi di wilayah Ambon rata-rata bersumber dari sopi, baik itu KDRT, penge­royokan, penganiayaan maupun laka lantas. Untuk itu sebisa mungkin kita akan menekan per­edaran sopi, apalagi ini sudah me­masuki bulan ramadan, sehingga situasi kamtibmas tidak terganggu dan masyarakat lebih tenang menunaikan ibadah puasa,” tandasnya. (S-45)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon