Hukum ›› Polisi Limpahkan Berkas Ayu Puttileihalat ke Jaksa Kasus Penghinaan Terhadap Polwan

Polisi Limpahkan Berkas Ayu Puttileihalat ke Jaksa


Ambon - Berkas Ayu Puttileihalat anak kandung dari Bupati SBB, Jacobus Puttileihalat sudah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Selasa (12/5). Puttileihalat yang adalah tersangka kasus penganiayaan terhadap Brigadir Nurul Hidayati, anggota Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease itu berkasnya kini tinggal menunggu apakah sudah lengkap ataukah belum.

 “Berkas Puttileihalat dilimpahkan oleh penyidik reskrim, Selasa (12/5) sekitar pukul 10.00 Wit,” kata Kasu­bag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Meity Jacobus, kepada wartawan di ruang kerjanya.

Menurut Jacobus, dalam kasus ini, polisi tidak melihat siapa itu pela­ku. Polisi tambahnya dalam mene­gakan hukum tidak berpihak kepada anak pejabat atau anak bukan pe­jabat.

“Dimata hukum semua sama. Kita tidak melihat dia anak siapa tetapi yang terpenting kita mengajarkan kepada yang bersangkutan tentang hidup harus sopan dan tahu tata krama. Apalagi seorang anak terha­dap orang yang lebih tua darinya. Semua masyarakat sama dimata hukum supaya ini menjadi pelajaran buat masyarakat lain,” tandas Jacobus.

Sebelumnya diberitakan, setelah dila­kukan pemeriksaan selama em­pat jam Rabu (3/12) oleh penyidik Reskrim Polres Ambon dalam kasus tindak pidana penghinaan terhadap Brigadir Nurul Hidayati, yang terjadi Sabtu (29/12), Ayu Puttileihalat anak dari Bupati SBB ini dikenakan wajib lapor.

Wajib lapor yang diberlakukan terhadap Ayu ini dilakukan dalam satu minggu dua kali yakni hari Senin dan Kamis. “Kemarin (Rabu-red) sudah dilakukan pemeriksaan terha­dap Ayu hingga sore dan Ayu sendiri dihujani dengan 24 perta­nyaan oleh penyidik. Pemeriksaan sudah dilakukan dan untuk Ayu sendiri saat ini sebagai tersangka dan diberlakukan wajib lapor dalam satu minggu dua kali yakni Senin dan Kamis,” ujar Jacobus.

Ditanyakan soal saksi lainnya, Jacobus mengatakan masih ada tambahan satu saksi lagi terkait kasus itu yang segera diperiksa juga oleh penyidik.

Namun saat ditanyakan soal upa­ya pendekatan penyelesaian oleh pihak pelaku, Jacobus menga­kui belum ada sampai ke tingkat itu karena proses ini juga masih jalan.

Sebelumnya diberitakan, lantaran mencaci maki anggota Polwan Pol­res Ambon dan Pulau-pulau Lea­se, Brigadir Nurul Hidayati mengakibat­kan Ayu Puttileihalat anak dari Bupati SBB harus berurusan dengan kepolisian.

Puttileihalat dilaporkan sebagai pelaku atas perbuatan tindak pidana penghinaan yang dilakukan terha­dap Hidayati, Sabtu (29/11) sekitar pukul 13.00 WIT dengan TKP pada parkiran pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC).

Kejadian itu berawal ketika adanya tabrakan antara mobil korban dengan pelaku di kawasan Jembatan Gurita, Lateri. Namun tabrakan itu dibalas pula oleh pelaku dengan menabrak lagi mobil korban hingga rusak bagian depan.

Selanjutnya sekitar pukul 13.00 WIT dengan TKP tempat parkir pusat perbelanjaan ACC. Awalnya ini, korban bersama suami dan anak­nya dengan mobil dan setibanya di kawasan jembatan Gurita secara tidak sengaja menyenggol mobil pelaku bagian belakang. Saat itulah pelaku tidak menerimanya dan mem­balas dengan cara maju sekitar 20 meter dan mundur langsung mena­brak bagian depan mobil korban  hingga rusak.

Usai menabrak mobil korban istri dari Raja Hitu Lama ini pelaku langsung meninggalkan korban. Korban yang tidak menerima lang­sung mengikuti pelaku hingga di parkiran ACC.

Setibanya di parkiran ACC terse­but, korban turun dari mobil dengan maksud membicarakan serta mena­nyakan tabrakan tersebut kepada pelaku akan tetapi pelaku dengan lantang dan tidak beretika langsung memaki-maki korban.

Tidak menerima dengan perlakuan pelaku, korban langsung melapor­kan ke Mapolres Ambon dan dipro­ses sesuai hukum yang berlaku. Pelaku akan dikenakan pasal 310 KUHP. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon