Visi ›› Polisi dan Narkoba

Polisi dan Narkoba


Ditengah era globalisasi yang telah mendunia, peranan Polisi sangat menentukan dalam menjaga

stablitas keamanan di negeri ini. Terutama keamanan bagi bangsa negeri ini dari kasus kasus tindak kriminal dan terutama narkoba. Siapapun saat ini merasa prihatin dengan semakin meluasnya peredaran narkoba di tanah air. Bagaikan air bah yang tidak dapat dibendung

Hari ini misalna lima bandar narkoba digulung, besok bisa saja sepuluh Bandar narkoba baru muncul. Bak kata pepatah “ Patah Tumbuh Hilang Berganti” . Generasi muda anak negeri yang terkenal dengan sebutan negeri seribu pulau layaknya sedang menghadapi ancaman maut. Karena bahaya narkoba sangat sadis.

Alangkah mirisnya hati kita jika membaca dan mendengar pemberitaan  banyaknya aparat kepolisian yang terlibat dalam pengkomsumsian narkoba. Bahkan menjadi kurir, pengedar  dan bandar narkoba.

Terkini di jajaran Polda Maluku, personil Satresnarkoba Polres Buru menciduk sejumlah personil polres tersebut yang juga terlibat peredaran narkoba.

Keempat tersangka yaitu, Bripka Wardi Marase­bessy, Bripka Gu­nawan Santoso, Brigpol Noer Rahman Sudarno, dan Bripka Abas Pellu kini ditahan di Rutan Ditresnarkoba Polda Maluku, setelah dibawa Senin (13/3) pagi dengan kapal cepat dari Namlea, Kabupaten Buru.

Bripka Wardi Marase­bessy, Ang­gota Satuan Intelkam Polres Buru ini diduga berperan sebagai bandar. Kemudian tiga kaki tangannya, Bripka Gu­nawan Santoso (anggota Satuan Resk­rim Polres Buru), Brigpol Noer Rahman Sudarno (anggota Satuan Intelkam Polres Buru) dan Bripka Abas (ang­gota Satuan Sabhara Polres Buru).

Bagaimana mungkin seorang polisi yang didalam jiwanya terpatri sumpah Tribarata bisa terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba?

Mungkin karena adanya keterlibatan  anggota Polisi yang seharusnya berada di garda depan dalam pemberantasan narkoba  masuk dalam barisan pemakai narkoba, makanya pihak bandar narkoba merasa tidak takut untuk mengedarkan barang haram itu dengan leluasa.

Walaupun hukuman yang diberikan sangat berat, tapi tidak membuat efek jera bagai mereka, Disinilah peranan Polisi dituntut untuk benar benar punya nyali dalam melakukan pemberantasan peredaran narkoba bukan malah turut menjadi bandarnya.

Untuk itu, kedepan sikap pemerintah maupun jajaran terkait dalam hal pemberantasan narkoba perlu untuk lebih tegas lagi. Karena peredaran narkoba yang telah merasuki lembaga ketahanan negara seperti Polisi, bukan hal yang dapat untuk dianggap sepele.

Bukti-bukti ini menguatkan, bahwa daerah ini saat ini sedang berada ditubir kehancuran moral, karena banyaknya porsonil penegak hukum yang terlibat dalam permainan narkoba. Sikap lebih tegas lagi terhadap para  pelaku pelaku narkoba ini perlu dilakukan oleh pemerintah, pimpinan kepolisian dan jajaran lainnya. Semoga! (*)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon