Daerah ›› Polda Maluku Siapkan Personel Antisipasi Putusan MK

Polda Maluku Siapkan Personel Antisipasi Putusan MK


Ambon - Kendati Mahkamah Konstitusi (MK) belum memproses laporan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di SBT, namun aparat kepolisian tidak mau kecolongan. Belajar dari peristiwa tidak mengenakan di sejumlah daerah terkait putusan MK tentang perselisihan pilkada, Polda Maluku kini sudah siap mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk.

Ditemui usai digelarnya acara commanders call, di gedung Islamic Center Jumat (27/9), Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Muktiono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel antisipasi putusan MK.

“Kita selalu antisipasi di gedung KPU Maluku aparat kita dengan dibantu TNI stand by di situ. Jadi sepanjang proses ini masih berlangsung, kita tetap amankan KPU termasuk seluruh pihak yang terkait dengan proses pemilukada ini,” jelas Muktiono.

Ia juga menambahkan, putaran kedua Pemilukada Maluku, Polda Maluku juga akan menyiapkan personel sama besar dengan jumlah personel pada putaran perttama. Namun demikian, hal itu akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Termausk bantuan personel juga dari TNI.

“Tugas kita adalah pengamanan dan tentunya jumlah yang kita kerahkan pada saat putaran pertama itu ya nantinya juga sama dengan putaran kedua. Yang jelas semua kita kerahkan untuk amankan Maluku ini,” tandas Muktiono.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengantisipasi hal itu, Polda Maluku jauh hari sudah mengkonsepkan pengamanan dua putaran. Usai memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah kapolres di wilayah hukum Polda Maluku Kamis (13/6), Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Muktiono menegaskan, pihaknya sudah siap jika Pilkada Maluku masuk dua putaran.

“Persiapan pengamanan  di dalam rencana operasi kita memang sudah kita konsepkan untuk pelaksanaan pengamanan dua putaran. Jadi tidak ada masalah, kalau toh dua putaran, ya kita siap mengamankan itu,” ujar Muktiono.

Dengan jumlah personel yang ada saat ini, jenderal bintang satu ini menandaskan, tidak ada penambahan personel dalam mengamankan Pilkada Maluku. “Personel yang sudah ada ya itu. Jadi selama personel kita masih mampu untuk melaksanakan tugas pengamanan, ya untuk apa ditambah. Yang ada saat ini masih mampu mengendalikan berbagai persoalan yang terjadi,” tandasnya.

Dalam mengamankan Pilkada Maluku putaran pertama, Polda Maluku menempatkan sebanyak 6676 personel Polda Maluku. Jumlah ini ditambah dengan 957 personel gabungan satuan samping dan TNI serta 2 satuan setingkat kompi (SSK) personel Brimob dari Mabes Polri. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon