Hukum ›› Polda Belum Agendakan Pemeriksaan Mantan Pejabat Bupati MBD

Polda Belum Agendakan Pemeriksaan Mantan Pejabat Bupati MBD


Ambon - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku hingga kini belum juga mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Pejabat Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Jacob Patty terkait kasus eksploitasi tembaga di Pulau Wetar kabupaten setempat.

“Kami belum mengagendakan pemeriksaan yang bersangkutan, sebab berkas perkara yang utama, yakni Dirut PT. Batutua Tembaga Permai belum P-21. Saat ini kami masih melengkapinya,” jelas Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Maluku, Kombes Pol Sulistiyono kepada Siwalima melalui telepon seluler, Selasa (11/10).

Dirreskrimsus berjanji, jika berkas Dirut PT. Batutua Tembaga Permai, Gerry Mbatemooy sudah lengkap, maka pihaknya akan mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Pejabat Bupati MBD itu.

Dalam kasus ini sudah 19 kali berkas tersangka Gerry Mbatemooy dikembalikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku ke Polda Maluku. Berkas tersangka Gerry Mbatemooy dikembalikan lagi ke penyidik Polda Maluku pada Kamis (8/9) lalu, karena ada petunjuk-petunjuk yang hingga kini belum mampu dilengkapi oleh penyidik.

“Kita sudah kembalikan lagi berkasnya kepada penyidik karena ada petunjuk-petunjuk menyangkut pasal 55 dan 64 hingga kini belum di lengkapi,” jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Maluku, Kosasih kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (9/9).

Pengembalian ini lanjut Kosasih perlu menjadi perhatian penyidik, sehingga kasus ini secepatnya dituntaskan. Penyidik Polda Maluku juga telah menetapkan mantan pejabat Bupati MBD Jacob Patty sebagai tersangka berdasarkan petunjuk kejaksaan. 

Pasalnya, sebagai pejabat bupati, Patty tidak boleh mengeluarkan izin kepada PT. Batutua untuk eksploitasi tambang di Pulau Wetar.

Mestinya, izin itu dikeluarkan oleh Gubernur Maluku. Sebagai seorang pejabat Bupati, Patty hanya diperbolehkan mengeluarkan rekomendasi. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon