Daerah ›› PN Ambon Dijatahi Empat Orang Hakim

PN Ambon Dijatahi Empat Orang Hakim


Ambon - Jika dibandingkan volume perkara yang terus masuk ke Pengadilan Negeri (PN) Ambon, maka hal tersebut tidak sebanding dengan keberadaan tenaga hakim di Pengadilan Klas I A Ambon.

Pasalnya, keberadaan PN Ambon tidak hanya mengadili perkara-perkara perdata dan pidana umum, tapi juga perkara-perkara korupsi. Apalagi kini telah ada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang juga ex officio PN Ambon.

Dasar pertimbangan itulah, maka Mahkamah Agung (MA) menambah empat tenaga hakim masuk ek Ambon.

Humas PN Ambon, Glenny de Fretes kepada Siwalima belum lama ini mengaku, sebanyak empat orang hakim itu dalam waktu dekat akan tiba di Ambon menjalankan tugasnya sebagai hakim PN Ambon.

“Iya jadi ada empat orang hakim yang dalam waktu dekat ini akan tiba di Ambon. Mereka ditugaskan disini dan berasal dari berbagai pengadilan negeri di Indonesia,” kata de Fretes.

Empat orang hakim itu masing-masing, Achmad Bukhory dari PN Purwodadi, Alexander Pasaribu dari PN Purwerejo, Halima Umaternate dari PN Ternate dan Lili Nuraini dari PN Semarang.

Semuanya ini kata de Fretes, berasal dari hakim karier. Namun demikian, ia berharap kedepannya MA juga dapat mengirimkan lagi tenaga hakim ad hock Tipikor. Sebab di Maluku semua perkara korupsi kini masuk ke Pengadilan Tipikor.

“Kita tidak bisa memungkiri kalau Pengadilan Tipikor ini sudah ada di Maluku dan berkedudukan di Ambon. Itu artnya, seluruh perkara-perkara korupsi di kabupaten dan kota, semuanya disidangkan di Pengadilan Tipikor Ambon,” pungkas de Fretes. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon