Daerah ›› PLN Pastikan Kondisi Listrik Selama Lebaran Aman

PLN Pastikan Kondisi Listrik Selama Lebaran Aman


Ambon - PT PLN (Persero) Wilayah Maluku-Maluku Utara memastikan kondisi listrik menjelang bahkan selama perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah aman.

Deputi Manager Pengendalian Operasional Distribusi, Sarif Selang menjelaskan, untuk memastikan hal tersebut ihak PLN saat ini punya piket siaga H-7 sampai H+7 setelah idul fitri. Piket ini sendiri akaqn siaga selama 24 jam untuk melakukan monitoring mulai dari mesin pembangkit, penya­luran hingga ketersediaan BBM.

“Untuk kemampuan pembangkit, saat ini ada 71 MW, dengan beban puncak 46 MW sedangkan sulfrus dari pembangkit yakni 20 MW sampai 30 MW,” jelasnya.

Menurutnya untuk beban puncak di Ramadhan ini turun, dimana biasanya 52-54 MW  turun menjadi 46 MW, sehingga untuk pembangkit sulfrusnya cukup besar.

Sementara itu Manager PLN Area Ambon Huslan Husain menambahkan, untuk kesiapan daya listrik pada PLN area Ambon menjelang Idul Fitri  saat ini kondisi pembangkit 60 MW dengan beban puncak 52 MW sehingga sulfrus ada sekitar 8 MW.

Untuk kesiapan mesin pembangkit sendiri telah dipersiapkan dua mesin pembangkit yang standby yakni PLTD Poka dengan siaga sulfrus 12 MW, ditambah dengan PLTD Hative dan Wika, sehingga dipastikan aman.

“Untuk gangguan yang terjadi akibat pemadaman listrik ada dua yakni pembangkit dan jaringan. Sedangkan untuk jaringan sendiri padam diakibatkan cuaca dan binatang sementara pembangkit bagi kami tidak ada lagi masalah,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, untuk mengamankan jalannya sholat Idul Fitri, PLN juga telah mene­tapkan mesin genset ditempat-tempat ibadah. Bahkan, mereka juga telah mengerahkan personil untuk selalu siaga ketika terjadi gangguan jaringan langsung diperbaiki. “Kami dari PLN tetap berupaya tetapi bukan kami ja­-min 100 persen tidak ada pema-daman lampu atau gang­guan, tetapi seandainya ada ganggaun personil kami di lima rayon itu sudah siaga 24 jam dengan gerakan cepat,” tandasnya.

Personoil yang disiapkan menghadapi Idul Fitri tambah Husain, terdapat 48 personil di lima rayon, kemudian 14 armada. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon