Daerah ›› PLN Maluku & Malut akan Listriki Tiga Pulau di Banda

PLN Maluku & Malut akan Listriki Tiga Pulau di Banda


Ambon - PT PLN Maluku dan Maluku Utara (Malut) akan melistriki tiga pulau di Kepulauan Maluku Tengah.

Hal ini ditandai dengan dilaksana­kan­nya kegiatan peletakan batu pertama, untuk pembangunan masing-masing PLTD di ketiga pulau tersebut yang dilaksa­na­kan pada Selasa (7/8) hingga Kamis (9/8). Ketiga pulau tersebut yakni, Pulau Rhun, Pulau Ay dan Pulau Hatta yang terletak di Kepulauan Banda, Kabu­paten Malteng.

Manajer PLN Area Ambon Muh. Ichlas Fattah  dalam rilis yang diterima Siwa­lima,Jumat (10/8) mengatakan, setelah ini PLN akan fokus untuk segera melaksanakan pembangunan PLTD tersebut serta pembangunan jaringan di masing-masing pulau.

Untuk di Pulau Rhun, PLN akan memba­ngun PLTD dengan kapasitas mesin 4x40 KW dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,5 kms. Untuk Pulau Ay akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 4x40 KW dan JTR sepanjang 4 kms. Sedangkan di Pulau Hatta, akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 3x40 kW serta JTR sepanjang 3 kms.

“Kami targetkan pekerjaan ini dapat selesai di bulan Desember 2018, apabila tidak ada kendala yang disebabkan oleh cuaca guna transportasi materialnya. Selain itu, kami juga berterima kasih atas dukungan segala pihak sehingga lahan guna pembangunan ketiga PLTD ini dapat tersedia. Kami berharap ketika pemba­ngu­nan seluruh infrastruktur ketenaga­lis­trikan tersebut selesai dibangun, masya­rakat juga dapat menjaganya karena ini merupakan aset kita bersama,” harapnya.

Ia menyebutkan, calon pelanggan PLN disetiap pulau terbagi menjadi 275 pelanggan di Pulau Rhun, Pulau Ay 237 pelanggan, dan pulau Hatta 179 pelanggan.

Sementara itu, Kepala Wilayah Ke­ca­matan Kepulauan Banda Kadir Saliran mengatakan, dirinya mengapreasiasi apa yang dilakukan oleh PLN untuk melistriki tiga pulau ini.

“Saya juga mengajak seluruh masya­rakat di Pulau Rhun, Ay dan Hatta untuk mengapresiasi dan mendukung PLN yang akan segera membangun PLTD, untuk melistriki ketiga pulau ini karena listrik adalah kebutuhan primer bagi kegiatan masyarakat,” jelasnya.

Kepala Desa Pulau Hatta Sudar Raharusun  mengucapkan terima kasih kepada PLN yang akan se-gera melistriki desa-desa di Pulau Banda.  “Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi kegiatan pereko-nomian masyarakat dan kami berharap pembangunan ini dapat cepat selesai,” tuturnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon