Pemerintahan ›› Perda Desa Batal Ditetapkan Pada Masa Sidang I

Perda Desa Batal Ditetapkan Pada Masa Sidang I


Ambon - Seperti yang sudah diduga berbagai kalangan bahwa Ranperda tentang Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa tidak bakalan ditetapkan pada masa sidang I, karena tak ada keseriusan dari Pansus maupun pemkot ternyata benar adanya.

Pasalnya, apa yang dikoar-koarkan oleh pihak pansus bahwa ranperda ini tetap akan ditetapkan pada masa sidang I lantaran pembahasannya sudah selesai dan tinggal dilakukan uji publik ternyata  tidak ada benarnya.

Kabag Pemerintahan Pemkot Ambon Steven Dominggus yang dikonfirmasi Siwalima terkait hal ini di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (8/5) mengaku, ranperda ini belum bisa ditetapkan pada masa sidang I tahun ini, sebab hingga sekarang pemkot dan pansus masih melakukan pembahasan.

“Mungkin kita belum bisa tetapkan di masa sidang I ini, karena masih dalam pembahasan bersama pansus,” ungkap Domingus.

Selain masih dalam pembahasan kata Dominggus, belum bisa ditetapkannya ranperda ini juga, karena ada dua desa yang masa jabatan kadesnya berakhir di tahun 2020 dan 2021, sehingga harus diatur sesuai dengan Undng-Undang.

“Inikan dudukannya delapan desa dan diketahui enam kades sudah akhiri masa jabatan dan tersisa dua kades, sehingga harus di bicarakan lagi sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Untuk itu ranperda ini belum bisa ditetapkan,” tandasnya.

Kendati demikian menurut Dominggus pembahasan ranperda ini sudah hampir selesai, hanya ada penyelesaian tekhnis, untuk selanjutnya dilakukan uji publik.

“Uji publik ini nanti kita akan bicarakan lagi dengan semua pihak termasuk kita akan undang 8 desa ini, setelah selesai uji publik selanjutnya ditetapkan menjadi perda setelah itu dikonsultasikan lagi ke Kemendagri dan pemprov untuk dikeluarkan nomor registrasinya,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pansus Ranperda tentang Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa tetap optimis perda tersebut akan ditetapkan pada masa sidang I tahun 2018.

Ketua Pansus Muriany Dominggus kepada Siwalima  mene­gaskan, setelah kembalinya dari tugas di luar daerah, maka kerja pansus akan ditindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi dengan pihak Pemkot Ambon.

“Tunggu saja saya kembali dari luar daerah dalam waktu dekat, baru kita akan tindaklanjuti dengan melakukan rapat-rapat koordinasi untuk perisapan pelaksanaan uji publik, setelah itu baru ditetapkan pada masa sidang I,” janji Muriany. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon