Hukum ›› Pemuda Serut Desak Tangkap Petinggi PT WLI

Pemuda Serut Desak Tangkap Petinggi PT WLI


Ambon - Puluhan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Peduli Seram Utara (IPPEMSUT), dalam demonya juga mendesak Polda Maluku segera memproses dan menangkap petinggi PT WLI termasuk President Direktur Karel Albert Ralahalu.

“Bila perlu tangkap dan proses para pelaku penjual BBM illegal yang melakukan transaksi ge-lap dengan pe-rusahan PT WLI serta men-desak pihak pertamina dalam hal ini transparansi terkait besar kuota dan distribusi BBM ke perusahan PT WLI,” ungkap pendemo dalam per-nyataan sikapnya.

Pendemo juga mendesak pemerintah provinsi segera mencabut izin operasio-nal perusahan PT WLI yang beroperasi di Arara, petuanan Negeri Wahai.

“Keberadaan PT WLI di wilayah tersebut ternyata tidak berdampak pada kontribusi kese­jahteraan masyarakat Negeri Sa­wai beserta lima anak dusun serta desa administratif,” kata pendemo dalam pernyataan sikapnya.

Hal ini, menurut pendemo, sa­ngat bertolak belakang dengan harapan dimana perusahaan PT WLI  yang beroperasi di areal Arara dan Open terkesan sengaja atau lalai dalam menjaga lingkungan maupun memenuhi hak-hak mas­yarakat adat Negeri Sawai sepe­tuanan selaku pemilik hak ulayat.

Menanggapi pernyataan sikap ini, Wadir Intelkam Polda Maluku Suharwiyono menegaskan pihak­nya menerima laporan ini seka­ligus akan mengusutnya. Untuk itu, ia pun berharap agar pendemo juga dapat membantu kepolisian untuk mengusutnya.

Mendengar keterangan singkat Suharwiyono, pendemo kemudian mem­bubarkan diri dengan tertib meni­nggalkan Polda Maluku. Untuk diketahui, sebelum aksi demo dila­ku­kan di Mapolda Maluku, pendemo juga sebelumnya melakukan aklsi di PT Pertamina gudang Arang dan Kantor Gubernur Maluku. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon