Daerah ›› Pemprov Gencar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok

Pemprov Gencar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok


Ambon - Pemprov Maluku kini tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan kawasan tanpa rokok di Kantor Gubernur Maluku. Sejak, Rabu (17/1), melalui bagian informasi, diumumkan agar semua ASN di lingkup Pemprov Maluku dapat mematuhi aturan baru yang akan berlaku dalam waktu dekat, demi terciptanya lingkungan kantor yang bersih, sehat dan bebas dari rokok.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Maluku, Bobby Palapia kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (17/1). Menurutnya, langkah Pem­prov melalui Dinas Kesehatan Ma­luku ini, seharusnya sudah diberlakukan sejak lama, akan tetapi baru akan di­sosialisasikan dan diberlakukan dalam waktu dekat ini.

“Ada perdanya, jadi seharusnya sudah diberlakukan sejak lama. Hanya saja, Dinkes baru mau memberla­kukannya sekarang,” tegasnya.

Palapia mengatakan, sosialisasi yang sudah mulai diberlakukan ini sangat diharapkan dapat membuat para ASN sadar untuk dapat menciptakan lingku­ngan yang sehat di tempat kerja.

“Tentunya sangat berharap mulai dari sosialisasi hingga pemberlakuan pera­turannya nanti, ASN di kantor gubernur dapat ikut menciptakan lingkungan yang sehat di tempat kerjanya,” harap Palapia.

Palapia juga mengatakan pember­lakuan kawasan tanpa rokok di kantor gubernur sesuai dengan Perda Nomor 3 Tahun 2014 pasal 5 tentang kawasan tanpa rokok. Dimana, pada pasal 5 disebutkan, ayat (1) kawasan tanpa rokok sebagaimana di maksud pada ayat (1) meliputi fasilitas pelayanan kese­hatan, tempat proses belajar mengajar; tempat anak bermain, tempat ibadah, fasilitas olahraga, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum serta tempat lain yang ditetapkan.

Ayat (2), gubernur berwenang menetapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Ayat .(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai KTR sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Gubernur.(S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon