Daerah ›› Pemprov Baru Cairkan Anggaran Pilkada Rp 10 M

Pemprov Baru Cairkan Anggaran Pilkada Rp 10 M


Ambon - Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku telah mengajukan anggaran untuk seluruh proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2013-2018, yang akan berlangsung pada 11 Juni mendatang sebesar Rp 116 milyar, namun anggaran yang baru dicairkan sebesar Rp 10 milyar.

“Kita memang ajukan anggaran Rp 116 milyar dan disanggupi Rp 95 milyar namun yang baru dicairkan hanya sebesar Rp 10 milyar,” jelas Sekretaris KPU Maluku, Arsyad Rahawarin kepada wartawan di Kantor KPU Maluku, Senin (4/2).

Dikatakan, anggaran yang telah disanggupi sebesar Rp 95 milyar harus dicairkan sehingga KPU Maluku akan menyesuaikan seluruh proses Pilkada Maluku.

“Proses pencairan anggaran Rp 95 milyar tersebut dilakukan secara bertahap dan tahap pertama baru diterima pihaknya sebesar Rp 10 milyar yang telah digunakan untuk proses tahapan pilkada, seperti untuk print out Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) untuk nantinya dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), Biaya petugas pemutahiran data, honor penyelenggara mulai dari KPU, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” katanya.

Menyusul kondisi anggaran yang terbatas itu, menurutnya, maka sesuai dengan surat KPU Maluku ada beberapa item kegiatan yang kemudian ditiadakan.

“Seperti kartu pemilih itu tidak lagi karena sesuai surat KPU pusat itu undangan saja sudah penuhi persyaratan dan tidak perlu ada lagi kartu pemilih, sehingga pengadaannya kita tiadakan. Sementara biaya transportasi akan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada,” ungkapnya. (S-19)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon