Pemerintahan ›› Pemkot Tunda Pencairan Dana Desa

Pemkot Tunda Pencairan Dana Desa


Ambon - Pemkot Ambon menunda proses pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Molornya pencairan kedua dana ini lantaran sebagian besar desa belum masukan laporan pertanggungjawaban keuangan maupun APB-Desa ke pemerintah.

“Kita belum pasti cairkan kedua dana ini di bulan Mei atau Juni mendatang,” tandas Kabid Desa pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (P3AMD) Kota Ambon,Weldon Mawengkang kepada Siwalima, di Balai Kota, Sabtu (6/5).

Dikatakan, usaha pemkot untuk mencairkan kedua anggaran tersebut selalu tertunda sejak Maret lalu. Penundaan ini juga dikarenakan kesalahan dari setiap desa penerima kedua dana ini.

Pikhanya juga binggung, sebab sudah sekian lama ini, hanya 5 desa yang baru masukan laporan pertanggungwaban anggaran mereka sedangkan APB-Desa belum ada satupun desa yang masukan.

Padahal, pemkot sudah memberikan bimbingan teknis tentang bagaiman membuat laporan pertanggunng jawaban maupun APB-Desa, namun masih saja belum ada yang masukan ke pemkot.

“Aparatur pemerintah desa harus serius, karena anggaran yang dicairkan ini untuk kepentingan banyak orang,” tukasnya.

Ia mengaku dalam tahun ini saja sudah dua kali molor pencairan, ditakutkan kedepan akan sangat memberatkan setiap desa, karena selain menyelesaikan pembangunan juga dikejar dengan laporan pertanggungjawaban maupun APB-Desa.

“Kita tunggu saja kapan desa-desa penerima dua anggaran ini masukan. Jika ada yang masukan kami dari dinas langsung verifikasi laporan pertanggungjawaban baru dilakukan pencairan,” tandasnya.

Untuk diketahui 5 desa yang sudah masukan laporan perta­-nggungjawaban saat ini adalah, Desa Ema, Batu Merah, Huku-rila, Laha dan Seilale. (S-39)  



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon