Daerah ›› Pemkot Telah Lunasi Lahan Pengungsi Batu Gajah

Pemkot Telah Lunasi Lahan Pengungsi Batu Gajah


Ambon - Lahan pengungsi Batu Gajah seluas 3 hektar lebih ternyata tidak diberikan secara gratis oleh Pemerintah Negeri Halong untuk membangun 199 unit rumah pengungsi namun, lahan tersebut dibayar Pemkot Ambon dengan menggunakan APBD.

Sekkot Ambon AG Latuheru yang dikonfirmasi Siwalima terkait hal tersebut di Balai Kota Senin (12/10) mengaku,  lahan yang dihibahkan Pemerintah Negeri Halong kepada pemkot hanya seluas 1 hektar lebih, sedangkan sisanya harus dibayar Rp 600 juta lebih dengan menggu­nakan APBD Kota Ambon tahun 2015

“Lahan yang dibarikan untuk membangun perumahan pengungsi Batu Gajah seluas 3 hektar lebih dan yang dihibahkan hanya 1 hektar kepada pemerintah, sedangkan sisa­nya kita bayar,” ungkap Latuheru.

Dijelaskan, penyelesaian pemba­yaran lahan tersebut telah dilakukan ketika peresmian perumahan ter­sebut oleh Menteri Sosial pada 7 September lalu.

“Memang lahan itu diberikan tidak semuanya secara gratis, sehingga untuk gantikan lahan yang sisanya, pemkot bayar ke pemerintah negeri,” ujarnya.

Dikatakan, untuk masalah lahan tersebut sudah dilunasi, sehingga para pengungsi Batu Gajah yang tinggal di lokasi tersebut tidak perlu khawatir,” tandasnya. 

Ditambahkan, diatas lahan terse­but pemerintah membangun peru­mahan pengungsi sebanyak 199 unit rumah, sedangkan 36 unit yang sisanya sementara dalam proses pengusulan ke pemerintah pusat untuk membantu kelanjutan pembangunan tersebut. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon