Daerah ›› Pemkot Santuni Buruh Sampah Tewas Saat Bekerja

Pemkot Santuni Buruh Sampah


Ambon - Pemkot Ambon memastikan akan memberikan santunan ke­pada Melgi Lekatomepssy warga Desa Laha yang sehari-harinya bertugas sebagai buruh sampah dengan mengendari sepada motor roda tiga (Tossa-red) yang meninggal dunia pada Senin, (20/4)

Lekatompessy meninggal akibat sepeda motor Tossa yang dikenda­rainya menabrak trotoar di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Ambon, disaat korban hendak kembali ke rumahnya di Desa Laha usai me­nye­lesaikan tugasnya sebagai buruh sampah.

“Korban merupakan petugas ke­bersihan, sehingga semuanya dita­ng­gung pemkot bahkan kita juga akan berikan santunan hingga me­nanggung biaya pemakaman,” ung­kap Sekkot Ambon AG Latuheru kepada wartawan di Islamic Center, Kamis (20/4).

Menurutnya, setiap hari korban bertugas di kawasan Passo dan ke­celakaan yang dialami korban murni laka tunggal, sebab kemungkinan besar korban kecapaian sehingga tidak konsentrasi mengendarai kendaraan dan menabrak trotoar.

Selain Lekatompessy, salah satu buruh sampah juga mengalami kecelakaan di atas Jembatan Merah Putih dan dilarikan ke RSUD dr M Haulussy Kudamati untuk mendapat perawatan.

Korban yang bernama Maya warga Hative Kecil ditabrak sepeda motor saat sementara menjalankan tugasnya sebagai penyapu jalan. Namun setelah mendapat perawa­tan, warga Hative Kecil ini sudah diperbolehkan pulang oleh dokter, namun yang bersangkutan belum dapat bekerja karena dalam proses pemulihan kondisi. “Korban ini juga akan dibantu oleh pemkot sebab ia alami kecelakaan pada saat jam kerja,” Janji sekkot.

Kejadian ini sendiri tambah Sekkot, membuat pemkot terus berupaya untuk melindungi para buruh sampah, khususnya mereka yang membersihkan kota ini disaat pagi hari. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon