Daerah ›› Pemkot Gelar Bimtek Menuju Smart City

Pemkot Gelar Bimtek Menuju Smart City


Ambon - Dalam rangka merumuskan arah kebijakan dan menganalisis ke­butuhan kelembagaan khusus untuk pembangunan Ambon smart city, Pemkot Ambon menggelar bim­tek implementasi gerakan me­nuju 100 smart city di Manise Hotel, Kamis (11/7).

Walikota Ambon, Richard Lou­henapessy dalam sambutannya yang dibacakan Sekot Ambon, A.G. Latuheru mengatakan, gerakan menuju 100 smart city merupakan program bersama Kemenkominfo, Kemendagri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresi­denan.

“Kegiatan ini bertujuan bimbing kabupaten/kota agar bisa maksi­malkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, maupun akselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah,” ujar walikota.

Menurutnya, kesiapan pemkot secara e-goverment juga telah men­dapat apresiasi penting. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi SPBE yang menempatkan Ambon pada posisi 25 besar diantara 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Dengan demikian pemkot secara perlahan telah mempersiapkan untuk menuju Ambon smart city di tahun 2019, walaupun masih ada persoalan yang perlu dibenahi dan dikembangkan dari sisi kebijakan, infrastruktur, sistem informasi dan SDM.

“Upaya wujudkan Ambon smart city tidak hanya jadi tupoksi Dinas Kominfo saja, karena berbicara smart city adalah berbicara tentang berbagai dimensi yang tertuang dalam 6 aspek,” urainya.

Enam aspek itu, jelas walikota yak­ni, smart governance, smart branding, smart economi, smart society, smart living dan smart enviroment. Keenam aspek ini, implemantasinya ada pada OPD-OPD yang dicermin­kan lewat program/kegiatan serta kontribusi aktif dari para stakeholder.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai isi nota kepahaman, bahwa bimtek ini akan dilaksanakan dalam empat tahapan dengan periode bulan Juli-Oktober yang hasil akhirnya dari keempat tahapan itu, menghasilkan dokumen master plan smart city Kota Ambon dalam buku I, II, dan III.

“Bimtek tahap I pada bulan Juli ini dengan agenda dan tujuan yaitu, untuk hasilkan buku I master plant smart city  kota Ambon sesuai deng­an framework Kemenkom­info,” jelasnya.

Walikota berharap, seluruh peser­ta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga mendapatkan output yang bermanfaat bagi pem­kot. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon