Daerah ›› Pemkab Bursel Diminta Tangani Secara Baik Buka Tambang Emas

Pemkab Bursel Diminta Tangani Secara Baik


Ambon - Perkembangan fenomena tam­bang emas di Gunung Botak, Desa Wamsait, Kecamatan Waeapo, Ka­bupaten Buru, harus menjadi cata­tan penting bagi Pemerintah Kabu­paten Buru Selatan dalam menan­gani potensi tersebut.

Pasalnya, kandungan emas yang berada di Kabupaten Buru Selatan tersebut sangat potensial dan memi­liki kadar kualitas emas yang sangat tinggi. Karena itu proses penanga­nannya juga harus tepat dan tidak berdampak pada segala aspek kehi­dupan manusia.

“Di Bursel pada beberapa wilayah memiliki potensi kandungan emas yang sangat potensial dan berkua­litas. Sehingga ini perlu ditangani secara baik oleh Pemkab Bursel, jangan seperti di gunung Botak dimana arus gelombang manusia sangat besar lalu anak-anak daerah yang memiliki wilayah tidak bisa menikmati dengan baik,” ujar salah satu tokoh muda Bursel, Aprina Solissa kepada Siwalima di Ambon, Kamis (22/11).

Menurut lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura ini, penanga­nan secara baik dan dikaji secara matang perlu dilakukan, sehingga pembukaan wilayah-wilayah yang memiliki potensi emas tersebut dapat juga diperhatikan secara baik oleh masyarakat.

Sebagai putra Bursel, lanjutnya, memberikan apresiasi kepada Pem­kab Bursel dimana pimpinan Tagop Solissa dan Butje Lesnussa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bursel mem­buka wilayah-wilayah yang me­mi­liki potensi kandung emas, karena itu juga demi mensejahte­rakan masyarakat di Kabupaten Buru.

Apalagi kata dia, Kabupaten Bur­sel yang baru mekar ini membutuh­kan perhatian ekstra dari Bupati dan Wakil Bupati untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, menanggu­langi masalah pengangguran, mem­buka wilayah-wilayah yang masih terisolasi, menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur apalagi rentang kendali yang sangat tinggi, baik pembukaan jalan dan jembatan serta pembangunan fisik lainnya serta pelayanan publik.

“Ini tugas-tugas penting yang menjadi perhatian serius Pemkab Bursel, semuanya ini akan dipenuhi dengan baik, jika pengelolaan emas di Kabupaten Bursel dapat ditanga­ni secara baik yang bisa menghasil­kan income bagi daerah sehingga hasilnya juga dapat diperuntukan secara merata dan adil bagi proses pembangunan masyarakat di Kabupaten Bursel,”pintanya.

Ia berharap, dengan adanya kan­dung emas yang berada di beberapa wilayah di Kabupaten Bursel ini akan betul-betul dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dimana rakyat yang dulunya terisolasi dan kurang mendapatkan perhatian pemerintah sudah saatnya menik­mati hasil alam itu demi kesejahte­raannya.

Untuk diketahui, Pemkab Bursel sebelumnya telah membuka tambang emas di wilayah Tifu. Pembukaan ini juga dilakukan secara adat oleh masyarakat setempat. (S-19)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon