Olahraga ›› Pembalap Iran Diundang Ikut Tour de Mollucas

Pembalap Iran Diundang Ikut Tour de Mollucas


Ambon - Event balap sepeda berta­juk Tour de Mollucas akan ber­langsung 14 – 22 September 2017. Pembalap dari se­jum­lah negara sudah dilirik untuk diundang termasuk para pembalap dari Iran.

Para pembalap Iran selama ini dikenal sebagai langgan juara balap sepeda tingkat Asia. Mereka pun rutin meng­­ikuti dan menjuari event balap sepeda yang sudah rutin digelar di Indonesia.

Tercatat tiga tim yang paling sering menjuara event ba­lap sepeda di Indonesia yaitu Iran Pishgaman Cycling, Tab­riz Petrochemical Cycling Team dan Azad University Cross Team.

Konsultan Utama Tour de Molluca, Jamaludin Mahmood, mengatakan nantinya tim yang akan diundang PB ISSI dan akan diundang.

“Biasa yang kita undang itu tim-tim yang sudah top di Asia. Kita biasa akan umumkan ranking 1  sampai dengan 7. Biasanya dua dari Iran yang sering juara Asia, ada juga dari Australia, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Taiwan. Ada juga klun seperti dari Prancis. Termasuk juga tim balap sepeda nasional dari negara-negara Asia Tenggara,” ungkap Jamaluddin disela-sela penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Maluku dengan Event Organizer PT Mitra Lintas, di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/1).

Menurutnya, pihaknya akan melayangkan undangan kepada para klub maupun organisasi balap sepeda di masing-masing negara.

“Kita akan mengetahui lagi setelah beberapa bulan kedepan. Karena undangan-undangan tim itu bukan sekarang, karena dalam peraturannya 60 hari sebelum lomba, tetapi kita undang lebih awal ini agar mereka kirimkan kalender-kalender event mereka. Agar kesanggupan mereka untuk datang itu bisa kita ketahui lebih awal,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Maluku Hamin Bin Thahir mengatakan, pemprov telah siap untuk pelaksanaan event bergengsi ini, bahkan telah melakukan koordinasi dengan kabupaten dan kota terkait acara tersebut hingga pada tata mekanisme biaya operasional Tour de Mollucas.

“Pemprov sangat siap untuk pelak­sanaan Tour de Mollucas. Kami telah melakukan koordinasi dengan peme­rin­tah kabupaten/kota yang menjadi tempat pelaksanaan. Terkait dengan tata mekanisme biaya operasional pun telah kita bicarakan dengan peme­rintah kabupaten/kota,” jelas Thahir.

Tour de Mollucas yang akan melin­tasi Pulau Seram dan rencananya start dari Kota Piru menuju Kota Masohi (etape I) sejauh 185.5 km, dan selan­jutnya transfer ke Sawai, Sawai-Bula (etape II) sejauh 228.8 km, Bula – Wahai (etape III) sejauh 159.2 km, Masohi-Kairatu (etape IV) sejauh 142.4 km dan etape terakhir (V) Liang – Ambon,  finish di Lapangan Merdeka - Ambon. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon