Kriminal ›› Pelaku Pembuang Bayi Dalam Lidik

Pelaku Pembuang Bayi Dalam Lidik


Ambon - Hingga kini pelaku pembuang mayat bayi laki-laki yang ditemukan di Dusun Amaori lokasi pembua­ngan sampah Desa Passo, Keca­matan Baguala Kota Ambon Sabtu (28/10) pagi masih diselidiki polisi.

Tim penyidik Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease sudah memeriksa dua orang saksi, namun belum bisa mengetahui jelas siapa pelaku yang nekat membuang bayi tersebut.

Kendati begitu, tim penyidik tentu masih melakukan pengembangan dan penyelidikan untuk mengetahui siapa pelaku yang tega itu. “Masih dalam lidik. Pelaku belum diketahui,” kata Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Karimudin saat dikonfirmasi Siwalima, Senin (30/10).

Saat ini kata Karimudin, tim penyidik masih berupaya dengan harapan kepada masyarakat yang mengetahui warga yang sebelumnya mengandung, kemudian tiba-tiba tidak memiliki anak agar bisa menyampaikan kepada pihak berwajib untuk bisa di selidiki.

Untuk diketahui, sesosok mayat bayi laki-laki ditemukan di tempat pembuangan akhir Dusun Amaori, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon Sabtu (28/10) pagi.

Mayat yang diperkirakan berusia lebih dari tujuh bulan itu, ditemukan pertama kali oleh Outniel Laipuka, pemulung sampah sekitar pukul 09.30 WIT.

Informasi yang diperoleh dari kepolisian menyebutkan, dari keterangan  petugas kebersihan Pemkot Ambon, Alfredo Angwarmasse (44), sejak pukul 07.30 WIT ia mulai melaksanakan tugasnya mengangkut sampah pada kawasan Desa Passo. 

Sekitar pukul 08.30 WIT, truk sampah yang dikemudikannya sudah penuh. Ia kemudian memasuki lokasi TPA di Dusun Amaori.

Setelah membuang sampah, Warga Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe ini, keluar dari TPA.  Para pemulung kemudian mendekati sampah yang dibuang oleh Alfredo.  Mereka mulai memilah-milah sampah.

Ketika sedang memilah-milah sampah, mata Outniel Laipuka tertuju pada sebuah benda yang mirip dengan boneka yang berada di tengah-tengah tumpukan sampah.

Karena penasaran, Laipuka kemu­-dian mendekat dan membu­kanya. Seperti disambar petir. Laipuka kaget. Benda yang dibungkus dengan sehelai baju berwarna biru yang dikira boneka itu, ternyata sesosok mayat bayi laki-laki.

Laipuka dan rekan-rekannya kemudian menghubungi Polsek Baguala dan Polres Ambon memberitahukan temuan mayat bayi itu.

Wakapolres Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kompol Agung Tribawanto yang dikonfirmasi membenarkan temuan mayat bayi tersebut. Namun belum diketahui siapa pelaku yang tega membuang bayi tak berdosa itu. “Benar, jenazah bayi kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkari. Namun untuk siapa pelakunya belum diketahui. Masih lidik,” ujarnya singkat. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon