Hukum ›› Pekan Depan, Korupsi Lahan Poltek Masuk Jaksa

Pekan Depan, Korupsi Lahan Poltek Masuk Jaksa


Ambon - Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Maluku berencana pekan depan berkas korupsi Direktur Poltek Negeri Ambon, Miegsjeglorie V Putuhena dan eks Plt Direktur Verdinand Sekerony, ter­sangka dugaan korupsi  pengadaan la­han Poltek dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Plt Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Sulaiman Waliulu kepada Siwalima, yang dikonfirmasi Kamis (6/10) mengatakan,  penyidik sudah me­nyiapkan administrasi dan kesiapan berkas dua tersangka terse­but untuk segera dilimpahkan ke tahap penuntutan.

“Berkas dua tersangka ini kan sudah P-21. Saat ini dalam persiapan untuk berkas keduanya diserahkan ke jaksa atau dilimpahkan ke penuntutan. Dijadwalkan pekan depan,” jelas Waliulu.

Sebelumnya, setelah dinyatakan lengkap, berkas Putuhena dan Seke­rony oleh penyidik tengah diper­siap­kan untuk pelak­sanaan tahap II. “Kita sudah terima P-21 berkas tersangka poltek. Penyidik terima­nya kemarin (Senin-red) dan sedang disiapkan untuk dilakukan penye­rahan tahap duanya ke jaksa,” jelas Direskrimsus Polda Maluku, Kom­bes Pol Budi Wibowo kepada Siwa­lima di kantor Ditreskrimsus Polda Maluku, Rabu (21/9) yang lalu.

Kendati belum memastikan kapan pelimpahan tahap II tersangka, namun Wibowo memastikan segera akan dituntaskan. “Ini kan baru kita terima tahap II-nya, kita sedang disiapkan diupayakan dalam waktu dekat bisa diserahkan ke jaksa.,’ tandas Wibowo.

Untuk diketahui Miegsjeglorie V Putuhena adalah tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan  tahun 2012 seluas 10.000 meter persegi sebesar Rp 707. 324.181, dari total anggaran sebesar Rp 1.750.000. 000. Sedangkan Plt Direktur Poltek Negeri Ambon, Verdinand Sekerony, tersangka dugaan korupsi penga­daan lahan tahun 2010 seluas 2.600 meter persegi sebesar Rp  150.665.819, dari total anggaran sebesar Rp 455.000.000.

Berdasarkan hasil audit oleh BPKP Perwakilan Maluku, total kerugian negara dalam kasus ini sebesar Rp 857.990. 000. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon