Politik ›› Pattiapon: Kader PBB Dibawah Standar

Pattiapon: Kader PBB Dibawah Standar


Ambon - Walikota Ambon Richard Louhenapessy tak memilih kader PBB untuk mendampinginya pada pilkada mendatang disebabkan rating dibawah standar

Salah satu Tim Sukses RL, Marcus Pattiapon menegaskan tidak dipilihnya dua kader PBB masing-masing M Saleh Wattiheluw dan Riduan Hasan untuk mendampinginya, lantaran hasil survei keduanya masih dibawah Lutfi Sanaky.

Kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (6/6) ia menje­laskan RL sendiri tidak pernah men­janjikan kepada kader PBB untuk menjadikan mereka balon wakil walikota. “Tidak ada janji yang ia berikan kepada kader PBB. Memang bnyak sekali balon wakil walikota yang ingin berpasangan dengan RL itu benar. Namun kepada mereka semua, beliau meminta agar pasca pendaftaran ke partai dapat bekerja keras supaya tingkat elektabilitas di masyarakat tinggi. Karena beliau dalam menentukan pasangan wakil walikota tentu ada berbagai pertimbangan salah satunya melihat hasil survei,” jelasnya.

Dikatakan, berdasarkan hasil survei dari lima lembaga survei, Lutfi Sanaky menempati urutan kedua balon wakil walikota yang memiliki tingkat elektabilitas dan aksepta­biltas tinggi setelah Sam Latu­consina.

Namun Sam sendiri telah menya­takan sikapnya untuk tidak lagi berpasangan dengan RL dan lebih memilih untuk maju sebagai balon wakil walikota  dari Paulus ‘Poly’ Kastanya.

“Tidak mungkin RL memilih kader PBB sebab kita tahu selain Pak Saleh, ada pak Riduan. Namun ke­dua­nya dari hasil survei memiliki tingkat elektabilitas di bawah pak Lutfi. Bahkan Pak Saleh ada diba­wah Pak Riduan. Tentu ini juga men­jadi pertimbangan dari RL dalam menentukan sikap politiknya,” katanya.

Pattiapon bahkan menegaskan RL belum pasti menggandeng Lutfi sebagai balon wakil walikota dalam pilkada sebab sampai sekarang belum ada deklarasi resmi Lutfi pasti berpasangan dengan RL. “Jika ada figur lain yang tingkat elektabilitasnya lebih tinggi dari pak Lutfi, mungkin pak RL akan meninggalkan pak Lutfi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, langkah RL menggandeng Lutfi pada pilkada mendatang, justru membuat salah satu balon Wakil Walikota Saleh Wattiheluw menagih janji RL.

“Kepentingan kita memberikan rekomendasi kepada RL karena ingin digandeng di pilkada sesuai dengan janji yang diberikan namun kalau tidak maka bisa saja reko­mendasi yang akan kita berikan nanti bisa dicabut,” tandas Wattiheluw yang juga Ketua DPW PBB Provinsi Maluku kepada Siwalima di Ambon, Sabtu (4/6). Menurutnya rekomen­dasi yang diumumkan oleh Ketua DPC PBB Kota Ambon beberapa waktu lalu sudah dianulir oleh DPP sehingga DPW PBB masih menu­nggu pinangan RL. “Kita sudah berjanji untuk sama-sama maju dan bertarung namun kalau pilihannya jatuh kepada orang lain maka PBB bisa mengambil sikap sebaliknya,” ungkapnya. 

Dijelaskan, pernyataan RL untuk menggandeng kader PBB merupa­kan janji yang sampai saat ini masih dipegang oleh sejumlah balon termasuk dirinya. “Jika memang pilihan jatuh kepada Lutfi maka PBB juga akan mengambil sikap tegas,” tandasnya.(S-42)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon