Daerah ›› Pasca Lolos Ikut Pemilu, PBB Maluku Jaring Caleg

Pasca Lolos Ikut Pemilu, PBB Maluku Jaring Caleg


Ambon - Jajaran Partai Bulan Bintang (PBB) di Provinsi Maluku sementara menjaring para calon anggota legisla­tif (caleg) menyusul keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memu­tuskan PBB sebagai peserta Pemilu menyusul 10 partai politik.

Keputusan KPU yang me­loloskan PBB sebagai peserta Pemilu baru berlau 18 Maret 2013, sementara 10 partai politik lainnya yang sudah ditetapkan berdasarkan rapat pleno pada 8 Januari 2013 lalu.

“Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Provinsi Maluku telah membentuk tim lima yang diketuai oleh S Tatuhey dan Sekretaris Saleh Sahupala yang saat ini sementara menjaring caleg dan untuk selanjutnya didaftarkan di KPU pada tanggal 9-22 April 2014 mendatang,”   jelas Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW PBB Provinsi Maluku, Rauf Pelu kepada Siwalima di Ambon, Kamis (21/3),

Dikatakan, lolosnya PPB sebagai peserta pemilu disam­but baik oleh jajaran PBB di Maluku. Bahkan DPW PBB Provinsi Maluku telah mela­ku­kan berbagai hal dalam mempersiapkan partai menghadapi berbagai ajang politik terutama menghadapi Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang.

“Saat ini PBB telah menyiapkan diri menghadapi Pemilu Legislatif tahun 2014 dengan merekrut tokoh-tokoh muda di daerah ini untuk menjadi anggota legislatif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun DPR,” katanya.

Pelu mengungkapkan, PBB telah membuka pendaftaran caleg mulai tanggal 18-25 Maret, dan caleg yang direkrut bukan saja dari kader dan simpatisan namun juga non kader karena PBB adalah partai terbuka dan berkeinginan untuk merekrut generasi muda yang berkomitmen untuk membangun Maluku baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi maupun di tingkat pusat.

“PBB yang ditetapkan oleh KPU sebagai peserta pemilu memperoleh nomor urut 14. Angka 14 itu merupa­kan angka keberuntungan, karena pe­milu akan digelar pada tahun 2014, se­hingga PBB bertekad untuk berpres­tasi di Pemilu Legislatif dan berjuang untuk merebut fraksi utuh di kabupa­ten/kota dan provinsi,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, PBB akan menempatkan wakilnya di DPR dari daerah pemilihan Maluku karena yang mendaftar di PBB untuk DPR RI ada­lah orang yang sangat dikenal masya­rakat.

Sebagaimana diketahui, KPU memutuskan PBB sebagai peserta pemilu menyusul 10 partai politik yang sudah ditetapkan berdasar rapat pleno pada 8 Januari 2013 sesuai Keputusan KPU Nomor 142 Tahun 2013 tentang Penetapan PBB Sebagai Peserta Pemilu 2014.

Keputusan ini diambil secara bulat oleh seluruh komisioner KPU yang setuju meloloskan PBB sebagai peserta pemilu. Surat keputusan ini resmi dikeluarkan oleh KPU terhitung Senin tanggal 18 Maret 2013.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) menga­bulkan seluruh permohonan PBB yang menggugat KPU. PT TUN dalam amar putusannya menetapkan sebagai peserta pemilu 2014.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai PBB mampu membukti­kan gugatannya atas KPU. Mereka menilai KPU melakukan verifikasi faktual terhadap PBB cacat hukum.

Berdasar amar putusan, PT TUN memerintahkan KPU mencabut Surat Keputusan KPU Nomor 5/Kpts/KPU/Tahun 2013 tentang penetapan partai politik peserta pemilu 2014, dan mela­kukan perubahan dengan memasuk­kan PBB sebagai peserta pemilu 2014. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon