Daerah ›› Pangdam: Media Massa Jadi Fungsi Kontrol TNI

Pangdam: Media Massa Jadi Fungsi Kontrol TNI


Ambon - Pentingnya media massa menjadi fungsi kontrol bagi tugas dan kinerja TNI khususnya di wilayah Kodam XVI Pattimura.

Karena itu, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Doni Monardo menilai senjata anggotanya tidak setajam pena wartawan. Peribahasa ini menurut Pangdam bermakna karena pe­ran media sangatlah penting.

“Jadi pentingnya media sebagai fungsi kon­trol terhadap kami dalam menyelenggarakan ber­bagai macam kegiat­an dan tidak menutup ke­mungkinan satu dua ang­gota salah tidak be­rani laporkan ke atas te­tapi karena dengan ke­bera­nian media menu­lis dan sam­pai ke saya tahu sehi­ngga langsung dapat proses lebih lan­jut,” tandas Pang­dam dalam kegiatan coffee morning bersama sta­ke­holder, instansi terkait ba­gian kehumasan dan selu­ruh perwakilan media massa di lobi Mako­dam XVI Pattimura, Rabu (19/4).

Pangdam mengung­kap­kan, pemberitaan terkait dengan kegiatan TNI ada yang positif maupun negatif, namun semuanya itu untuk memberikan motivasi.

Diakuinya, banyak infor­masi dan data yang diper­oleh tidak serta merta se­luruhnya dari staf TNI se­mata melainkan media. Itulah sebabnya peranan media sangatlah penting.

“Tidak semua data yang saya peroleh bukan dari staf saya tetapi dari pemberitaan media. Saya sampaikan teri­ma kasih. Kadang kapendam pusing ternyata ada yang belum dilaporkan. Antara war­ta­wan dan anak buah saya karena saya wanti-wanti betul dan saya bilang peluru tentara tidak ada apa-apanya diban­di­ngkan dengan pena warta­wan. Ada kekerasan prajurit dengan rekan media tetapi kun­cinya satu yaitu kalau ada ma­salah dengan prajurit. Sampai­kan teman pangdam pattimura pasti segan,” ungkapnya.

Pangdam menjelaskan, masyarakat juga tidak perlu terganggung dan kwatir dengan pemberitaan media. Peran media massa ini sa­ngat penting untuk membe­rikan yang terbaik.

Selain untuk fungsi kontrol dengan TNI, media juga mempunyai peran menyam­paikan kepada pihak luar bahwa Maluku-Ambon aman.

 

“Karena selama ini selalu ada rasa khawatir. Ini cara me­nyampaikan agar orang dari luar tidak merasa kwatir lagi  datang ke Maluku. Untuk itu dalam kaitan itu pula saya ko­mitmen dan akan melanjut­kan program karena alam di Maluku sangat indah. Potensi Maluku luar biasa sumberada daya Maluku luar biasa. Se­hingga saya dari awal me­miliki komitmen ingin me­motivasi mengangkat potensi  yang ada,” tandas Pangdam. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon