Politik ›› Pagi Ini, Demokrat Bahas Gubernur Maluku Jelang Suksesi Maluku

Pagi Ini, Demokrat Bahas Gubernur Maluku


Dipastikan Selasa (10/10) pagi ini, Majelis Tinggi Partai Demokrat akan membahas bakal calon Gu­bernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023.

Pembahasan akan di­gelar secara tertutup di kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ci­keas - Bogor.

Rapat terbatas itu hanya dihadiri oleh Majelis Tinggi, Sekjen DPP Hinca IP Pandjaitan, Komisi Pemilihan Pemilu (KPP) DPP Partai Demo­krat, Ketua-Ketua DPD dan KPP dari setiap DPD.

Demokrat tercatat dua kali mem­buka tahapan penjaringan calon Gubernur dan Wagub Maluku. Awal­nya dibuka 12-22 Juli dan kemudian sesuai instruksi DPP diperpanjang lagi 25 - 30 September lalu.

Dalam dua tahapan tersebut, ter­catat ada 12 bakal calon gubernur yang terdaftar di DPD Demokrat Maluku yaitu Bupati MBD Barnabas Orno, Komandan Korps Brimob Mabes Polri Irjen Murad Ismail, petahana Said Assagaff, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, mantan anggota DPR RI Engelina Pattiasina dan Ins­pektur IV Jamwas Kejagung Her­man Koedoeboen, Kadis Ketaha­nan Pangan Provinsi Maluku MZ Sangadji, Ketua DPD Demokrat Maluku Jacobus Puttileihalat, Bu­pati Bursel Tagop S Soulisa, Dirjen Pembangunan Kawasan Tertentu Kemendes PDTT Johozua M Yol­tuwu, Mantan Bupati MTB Bitzael S Temmar dan pengusaha Jacky Noya.

Sedangkan untuk balon wagub terdapat Bupati Malra Andreas Rentanubun, Ketua DPD Partai Gol­kar Papua Barat Mozes Rudy Timisela, mantan Bupati SBT Ab­dul­lah Vanath, politisi PKB Habiba Pelu serta dua politisi Demokrat Liliane Aitonam dan Melkias Frans.

Pembahasan balon Calkada Maluku dari partai berlambang bintang mercy itu akan digelar bersamaan dengan pembahasan 16 provinsi lainnya yang juga akan  menggelar pilkada serentak yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Suma­tera Utara, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Ma­luku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, dan Su­lawesi Tenggara.

Ketua KPP DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Max Marchel Sa­hu­silawane mengatakan, pihaknya telah mendapatkan undangan rapat dengan majelis tinggi partai, yang mana pertemuan tersebut akan berlangsung pukul 10.00 Wib, di kediaman SBY di Cikeas, Bogor.

“Undangan rapatnya sudah kita terima, besok (hari ini red-), kita akan membahas balon calkada yang telah mendaftar di DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku baik sebagai balon gubernur maupun wakil gubernur,” ungkap Sahusi­lawane, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Senin (9/10).

Ia menjelaskan, seluruh balon gubernur dan wakil gubernur akan dibahas bersama dengan hasil survei yang telah dikantongi nanti akan diputuskan oleh majelis tinggi. “Kita hanya bertugas untuk menyam­paikan hasil penjaringan dan pe­nya­ringannya saja, nanti keputusannya ada di majelis tinggi,” jelasnya.

Sahusilawane belum memasti­kan apakah, setelah dibahas akan langsung ditetapkan pasangan calon ataukah tidak. “Saya belum bisa pastikan, karena akan dibahas dulu, apakah langsung ditetapkan ataukah tidak nanti dilihat keputusan majelis tinggi seperti apa, karena selain Maluku ada juga 16 provinsi lainnya,” katanya.  (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon