Pendidikan ›› Pagi Ini 32.242 Siswa SMP Ikut UN

Pagi Ini 32.242 Siswa SMP Ikut UN


Ambon - Dipastikan hari ini, Selasa (2/5) seba­nyak 32.242 siswa SMP se-Maluku akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kom­puter (UNBK) maupun Ujian Na­sional Kertas Pensil (UNKP).

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Lutfi Rum­bia kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (29/4).

Menurutnya, sebanyak 3.386 siswa akan mengikuti UNBK semen­tara 28.856 siswa akan mengikuti UNKP.  “Nantinya mulai Selasa (2/5) nanti, ada 32.242 siswa SMP se-Ma­luku yang mengikuti Ujian Nasio­nal (UN). Untuk UNBK sebanyak 3.386 siswa di 23 SMP di Maluku, sementara untuk UNKP sebanyak 28.856 siswa di  691 SMP di Maluku,” ungkapnya.

Dikatakan, khusus untuk UNBK masih terdapat beberapa SMP di Maluku yang belum menyelengga­rakan UNBK. Ia mencotohkan SMP di Kabupaten MTB, Kabupaten SBT, Ka­bupaten Bursel dan Kabupaten MBD. “Untuk UNBK masih ada se­kolah yang belum menyelenggara­kan UNBK, karena terbatasnya komputer. Di Maluku terdapat empat kabupaten yang siswa SMP-nya tidak dapat menyelenggarakan UNBK,” katanya.

Khusus untuk Kota Ambon, jelas­nya, sudah ada 7 sekolah yang melak­sanakan Ujian berbasis komputer dan masih tersisa 38 sekolah lagi yang belum. “Kota Ambon sendiri baru 7 Sekolah yang melaksanakan UNBK, jumlah siswanya berjumlah 875 siswa. Masih tersisa 38 sekolah lagi yang belum. Yang paling banyak itu di Maluku Tengah, masih 169 sekolah yang masih melaksanakan ujian kertas pensil, karena baru 3 sekolah yang menggunakan UNBK,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Rumbia, pe­laksanaan Ujian Nasional akan ber­langsung selama empat hari, yakni dari tanggal 2-5 Mei 2017.

Selain itu, direncakan, beberapa pejabat akan membuka Ujian Nasional di beberapa sekolah, seperti tahun-ta­hun sebelumnya. Untuk SMPN 2 Am­bon direncanakan Gubernur Maluku Said Assagaff akan membuka kegiatan tersebut, namun karena sementara bertugas keluar daerah maka digan­tikan dengan salah satu staf ahli.

Sementara itu, di SMPN 14 Ambon akan dibuka oleh Wakil Guber­nur Maluku Zeth Sahuburua dan di SMPN 6 Ambon akan dibuka oleh Sek­da Maluku Hamin bin Thahir. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon