Daerah ›› Nosel Milik SPBU Galala dan Lateri Belum Ditera

Nosel Milik SPBU Galala dan Lateri Belum Ditera


Ambon - Pompa atau nosel milik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Galala dan Lateri, belum dilakukan tera ulang.

Penyidik Perlindungan Konsumen pada Disperindag Kota Ambon Janes Aponno mengatakan, dari tujuh SPBU yang ada di Ambon, ternyata dua SPBU ini di tahun 2019 belum melakukan tera ulang.

“Tera ulang perlu dilakukan untuk pastikan, bahwa takaran yang mereka berikan kepada konsumen sesuai atau tidak,” ungkap Aponno kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7).

Oleh karena itu kata Aponno, untuk mencegah adanya kecurang­an dalam penjualan BBM, maka pihaknya melakukan pengawasan, terkait dengan batas toleransi di setiap SPBU.

“Sejak hari ini (kemarin-red) kami lakukan pengawasan terhadap beberapa SPBU, yakni di Wayame, Transit Passo dan Galala. Untuk SP­BU Galala langsung kita kasih tegur­an lisan untuk ingatkan me­reka laku­kan tera ulang,” ujar Aponno.

Dijelaskan, pengawasan yang dilakukan ini, untuk mengukur batas toleransi, dan  berdasarkan hasil pe­ngukuran yang dilakukan, disetiap nosel pada SPBU, ditemukan, bahwa seluruh nosel-nosel pada SPBU yang didatangi, ada pada standar yang sangat baik.

Berdasarkan aturan untuk batas toleransi yakni 100, namun untuk ketiga SPBU yang didatangi tim, ternyata berada dibawah batas. Sementara untuk empat SPBU lain akan dilakukan pekan depan.

“Dari hasil pengawasan kami selama ini, tidak pernah temukan adanya SPBU yang langgar aturan tera. Jadi masyarakat tak perlu khawatir beli BBM di SPBU, sebab, tera yang mereka miliki sudah sesuai standar,” tutupnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon