Budaya ›› Museum Siwalima akan Gelar Pameran Patung

Museum Siwalima akan Gelar Pameran Patung


Ambon - Direncanakan awal November nanti, Museum Siwalima akan menggelar pameran nasional khusus untuk koleksi berbagai benda bersejarah berupa patung yang berasal dari seluruh wilayah budaya Indonesia. Pameran dalam rangka HUT Museum Siwalima ke 43, 8 November 2009 diprediksikan telan biaya Rp 1,2 milyar.

"Pameran nasional ini digelar untuk memperingati HUT Museum Siwalima dan juga untuk mengubah pandangan orang luar akan kondisi Maluku terkini," ujar J Matitaputty, Kepala Museum Siwalima Ambon kepada Siwalima Selasa (4/8) di ruang kerjanya.

Salah satu tujuan digelarnya pameran berskala nasional ini juga untuk meyakinkan dan menunjukan kepada dunia luar bahwa kondisi Maluku dan Kota Ambon pasca konflik pada khususnya sudah aman.

Dijelaskan, dalam pameran nanti akan diperlihatkan berbagai keragaman kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk patung yang akan dimobilisir dari seluruh wilayah Indonesia ke Ambon.

Pameran ini nantinya akan menelan anggaran sebesar 1,2 miliar lebih dengan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Maluku tahun 2009.

Matitaputty menerangkan, jelang pameran nanti pihaknya juga akan melaksanakan tender pekerjaan ini pada beberapa item terutama untuk pengadaan barang-barang koleksi benda bernilai sejarah.

"Walaupun kegiatan ini milik Museum tetapi juga disesuaikan dengan ketentuan Keppres Nomor 80 tahun 2003 dan kita mengacu ke sana," tukasnya. (S-28)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon