Daerah ›› Moralitas Penting Untuk Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI

Moralitas Penting Untuk Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI


Ambon - Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suharsono menegaskan, moralitas sangat penting dalam upaya pertahanan negara. Aspek moralitas penting dikarenakan teraktualisasi kedalam semangat, motivasi, sikap dan perilaku serta loyalitas untuk menumbuhkembangkan nasionalisme, patriotisme dan heroisme.

"Aspek moralitas mencakup rasa bangga menjadi warga negara Indonesia, bangga menjadi prajurit TNI/Polri dengan memegang teguh nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai keprajuritan, termasuk bangga menjadi warga Maluku sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya pada acara apel bersama TNI, Polri, Pemda Provinsi Maluku dan komponen masyarakat Maluku di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (16/4).

Menurutnya, suatu negara yang kuat harus memiliki angkatan perang yang tangguh dalam mendukung kemampuan pertahanan wilayahnya, namun selain mempunyai kemampuan dan kekuatan tempur serta gelar satuan, negara juga harus mempunyai kemampuan diplomasi, kemampuan ekonomi, kemampuan sosial dan kemampuan moral.

"Apel bersama ini selain untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan di antara kita semua, juga dalam rangka meningkatkan pelayanan guna mengamankan wilayah Maluku yang saat ini sudah semakin kondusif," ujarnya.

Komitmen untuk berketetapan hati dan membulatkan tekad sebagai warga negara yang baik dalam menjaga persatuan dan kesatuan, kata dia, membutuhkan peran serta semua komponen masyarakat. Sebab hal itu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

"Kalau berdasarkan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, ditegaskan tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Sedangkan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri seutuhnya menegaskan untuk menjaga Kamtibmas. Begitu juga dengan komponen masyarakat diberi tanggung jawab sesuai porsi dan bidangnya masing-masing," terangnya.

Mantan Gubernur Akmil ini berharap, ada sinergitas antara unsur TNI/Polri, Pemprov Maluku dan komponen masyarakat, sehingga dapat membentuk satu kekuatan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon