Kesra ›› Minyak Tanah Mulai Langka di Ambon

Minyak Tanah Mulai Langka di Ambon


Ambon - Minyak Tanah (Mitan) di Kota Ambon mulai langka. Hal ini terbukti dengan adanya antrian warga beberapa hari belakangan ini untuk membeli mitan.

Pantauan Siwalima, kemarin (7/6), antrian warga terjadi di be­berapa lokasi, di antaranya di kawasan Belakang Soya, Kelu­ra­han Batu Meja, Kelurahan Karang Panjang dan Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe. Antrian terjadi lantaran stok mitan ter­batas di pangkalan. Yang dijual hanya mitan stok lama.

“Sudah empat hari ini, minyak tanah susah didapat. Saya ini kan tinggal di  Karang Panjang, tapi karena tidak ada saya harus cari di tempat lain. Ini saya baru dapat di Belakang Soya, tapi hanya dapat lima liter, stoknya terbatas,” ujar warga Karang Panjang yang mengaku bernama Betsy kepada Siwalima, sambil menunjukkan satu buah jerigen berisi mitan 5 liter yang baru dibelinya.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya bernama Sherly. “Tidak tahu kenapa minyak tanah langka. Yang bisa dibeli hanya lima liter, warga lainnya juga dapat jatah yang sama,” kata dia.     

Sementara Sales Representatif Pertamina Ambon, Surya Suganda saat dikonfirmasi, Siwalima perihal kelangkaan mitan mengaku, stok mitan yang dimiliki Pertamina Ambon saat ini dalam kondisi aman, karena selama event MTQ, pihaknya menyediakan stok dalam jumlah yang banyak.

Dijelaskan, stok yang disiapkan Pertamina sebanyak 130 Kilo Liter (KL), dimana pada hari-hari normal hanya disediakan 100 KL.

Suganda mengatakan, kebutuhan pada MTQ yang merupakan momentum penting sangat besar, sehingga dalam rangka untuk menyediakan ketersediaan stok, maka kuota mitan yang disediakan melebihi dari target yang ditetapkan pada hari-hari biasa.

“Untuk MTQ ini kita sediakan stok mitan sebanyak 130 KL atau naik 30 KL dari hari biasa yang hanya 100 KL. Ini kita lakukan karena jumlah mas­yarakat yang datang ke Ambon sa­ngat banyak dan berdampak pada naik­nya kebutuhan akan mitan,” ujarnya.

Ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan stok mitan di Kota Ambon, karena Perta­mina Ambon akan terus memantau penyaluran dan ketersediaan stok mitan saat MTQ. 

“Kita akan terus pantau stok mitan dengan mem­bentuk Satuan Tugas (Satgas) dan jika ada stok yang kurang maka, kita akan segera atasi,” ujarnya. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon