Daerah ›› Mesin Rusak, Penumpang KM Gloria Dievakuasi

Mesin Rusak, Penumpang KM Gloria Dievakuasi


Tual - Akibat mesin mengalami gang­guan, Kapal Motor  Gloria mogok di tengah laut tan­jung Sorbat Kei Besar Kabupaten Malra Sabtu (9/6). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Tim gabungan yakni SAR, Polres Malra dan Brimob dikerahkan untuk melakukan evakuasi penumpang.

Kapolres Malra, AKBP Indra Fadila Siregar kepada wartawan mengatakan, KM Gloria diketahui bertolak dari Pelabuhan Watdek Tual me­nuju Desa Hor Kecama­tan  Kei Besar Utara Barat, Sabtu (9/6) sekitar pukul 06.20 WIT dengan mengangkut 34 penumpang dan 2 awak kapal.

Namun di tengah perjalanan mesin kapal tersebut alami kerusakan yang mengakibatkan kapal terhenti di tengah laut. Informasi kerusakan mesin baru diketahui setelah salah satu penumpang kapal menghubungi keluarga di daratan, yang selanjutnya keluarga menghubungi pihak KPPP untuk memintai pertolongan.

“Informasi diperoleh dari keluarga salah satu penum­pang ke pos polisi KPPP, bahwa mereka mendapat telepon dari keluarga mereka yang merupakan penum­pang kapal dan memberita­hu­kan bahwa kapal mengalami kerusakan mesin,” jelas Kapolres.

Usai mendapat informasi, pos KPPP lalu menghubungi polres, selanjutnya polres berkoordinasi dengan Tim SAR serta Brimob guna melakukan proses evakuasi.

“Setelah kita dapat info kita berkoordinasi dengan SAR dan Brimob kemudian membentuk satu tim gabungan untuk melakukan evakuasi,”pungkasnya.

Sekitar pukul 09.27 WIT tim gabungan bergerak dari Pela­buhan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Dumar dengan menggunakan Kapal SAR Baratah milik SAR Tual menuju koordinat kapal Gloria.

Kurang lebih 30 menit pencarian tepatnya sekitar pukul 10.00 WIT, KM Gloria berhasil ditemukan terombang ambing di lautan. “Setelah ditemukan tim gabungan melakukan pengawalan terhadap kapal menuju ke daratan terdekat yakni di desa Mun Ohoi Ir,”ujar perwira polisi dengan  pangkat dua melati di pundaknya itu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, seluruh penumpang dipastikan tiba dengan selamat di Desa Mun Ohoi Ir.  Selanjutnya KM Gloria melakukan perbaikan mesin, untuk melanjutkan perjalanan menuju desa tujuan,” jelas Kapolres. (S-45)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon