Olahraga ›› Mengulang Kembali Final Piala Dunia 2010

Mengulang Kembali Final Piala Dunia 2010


Tentunya publik pencinta sepakbola belum melupakan hasil akhir Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Spanyol kala itu menjadi pemenang setelah mengalahkan Belanda dengan skor 1-0.

Namun hal tersebut hanya garis besar dan hasil akhir dari Piala Dunia empat tahun yang lalu. Melihat partai final di kejuaraan sebelumnya adalah Belanda dan Spanyol, ternyata kedua tim finalis sesi lalu tersebut sudah harus bertemu di partai pertama mereka. Spanyol akan melawan Belanda pada partai ketiga dari keseluruhan pertandingan, dan menjadi pertandingan pembuka di Grup B.

Pertandingan akan berlangsung di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu (14/6), pukul 04.00 WIT.

Baik Spanyol maupun Belanda sama-sama tampil mengesanka pada laga ujicoba jelang Piala Dunia 2014. Pada laga terakhir, La Furia Roja berhasil mengalahkan El Salvador dengan skor 2-0. Sementara itu, skuad besutan Louis van Gaal berhasil menyudahi perlawanan Wales dengan skor akhir 2-0.

Laga kali ini diprediksi akan berlangsung sengit, pasalnya kedua tim diyakini akan tampil ngotot untuk bisa mengamankan poin perdana.

Spanyol dalam lima pertandingan uji coba terakhir berhasil meraih 4 kali kemenangan dan sekali kalah. Spanyol menang atas Equatorial Guinea 2-1, Italia 1-0, Bolivia 2-0 dan El Salvador 2-0. Spanyol hanya sekali kalah dari Afrika Selatan 0-1.

Sebaliknya Belanda dalam lima pertandingan terakhir meraih dua kali kemenangan, dua kali seri dan sekali kalah. Belanda menang atas Wales 2-0 dan Ghana 1-0, sementara imbang Ekuador 1-1 serta Kolombia 0-0. Belanda hanya sekali kalah dari Prancis 0-2.

Sang jawara bertahan, Spanyol, bakal membuktikan jika kejayaan mereka empat tahun lalu belum sirna. Tes yang bagus bagi mereka untuk mengukur label favorit yang mereka sandang bisa terbukti kala menghadapi raksasa Eropa lainnya atau tidak.

Belanda yang sekarang sudah keburu dipandang sebagai Belanda yang terlemah selama beberapa tahun, namun justru hilangnya tekanan ekspektasi akan membuat pemain macam Robin van Persie dan Wesley Sneijder dapat menghadirkan ancaman tersendiri bagi tim mana pun.

Yang menarik dari laga ini tak lain adalah karena ini merupakan ulangan final edisi 2010, yang mana di akhir laga ketika itu Spanyol berjaya, dan Sneijder sendiri mengakui pertemuan ini adalah panggung untuk revans.

Sang juara dunia sukses mengalahkan Bolivia dan El Salvador masing-masing 2-0 sebagai rangkaian dari persiapan mereka menjelang pesta akbar sepakbola ini. Meski Spanyol dalam laga itu bisa berpuas diri karena lini belakang mereka bekerja dengan mulus, tapi lini serang mereka diperlukan untuk meningkat jika ingin membongkar pertahanan pasukan Louis van Gaal.

Tim Oranje menyungkurkan Ghana, yang juga terlibat di turnamen ini, dan Wales dalam periode pemanasan mereka jelang terbang ke Brasil. Yang terpenting, di laga yang kedua permainan Belanda terbilang meningkat.

Di kubu skuat Vicente del Bosque, Diego Costa sudah menyatakan kebugarannya jelang bentrokan. Sebuah kabar bagus yang bisa menaikkan moril spirit para pemain.

Sementara Belanda akan bergantung pada beberapa pemain berpengalamannya macam van Persie, Sneijder dan Arjen Robben, yang kesemuanya kemungkinan bakal bermain sejak awal.

Perkiraan susunan pemain: Spanyol : Casillas, Juanfran, Ramos, Javi Martinez, Alba, Alonso, Koke, Iniesta, Pedro, Fabregas, Costa.

Belanda : Cillessen, Vlaar, de Vrij, Martins Indi, Blind, Janmaat, de Jong N, Sneijder, Fer, van Persie, Robben. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon