Pendidikan ›› Mendikbud: Sekolah di Maluku Dibawah Standar Pelayanan

Mendikbud: Sekolah di Maluku Dibawah Standar Pelayanan


Ambon - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Maluku masih dibawah standar pelayanan minimum.

Standar pelayanan minimum yang harus dipenuhi sekolah meliputi semua aspek sarana prasarana  seperti gedung, buku dan penunjang pembelajaran lainnya, kompetensi guru, skala siswa terhadap guru dan masih banyak lagi.

Hal itu diungkapkan Mendikbud kepada wartawan disela-sela meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 7 Ambon, Kamis (13/4).

Selain SMAN 7 Ambon, Mendikbud juga meninjau UNBK di SMAN 3 Ambon dan SMAN 5 Ambon.  UNBK di SMAN 7 diikuti 102 siswa, SMAN 3 (245 siswa) dan SMAN 7 (299 siswa).

Sehari sebelumnya, Mendikbud yang pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku selama 16 tahun juga meninjau pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kepulauan Aru.

Mendikbud mengaku selama dua hari mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Ambon, ternyata masih banyak sekolah yang butuh perhatian pemerintah pusat.

“Banyak sekolah yang belum memenuhi standar minimum pelayanan terutama pada fasilitas. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah, standar pelayanan minimal ini terus dievaluasi baik oleh pemerintah ataupun oleh sekolah sendiri. Tujuan saya ke Maluku ini untuk meninjau pelaksanaan UNBK maupun UN berbasis kertas. Dari peninjauan saya dapatkan masih banyak sekolah di Maluku yang masih dibawah standar pelayanan minimum,” ungkapnya

Dikatakan, sebagian besar sekolah yang berada jauh dari pusat kota  ternyata memiliki sarana prasana penunjang berupa daya listrik dan jaringannya yang masih sangat buruk dan tidak stabil.

“Temuan ini akan menjadi perhatian dan akan disampaikan ke kementerian maupun lembaga negara terkait untuk segera memenuhi kebutuhan yang diperlukan sekolah agar potensi sekolah di Maluku dapat disetarakan  Dalam kunjungan selain meninjau proses UNBK, sayajuga meninjau kelayakan sekolah, serta ingin mendapatkan informasi kita-kira keluhan dan kendala apa yang yang selama ini dialami pihak sekolah, setelah itu saya rampung dan akan disampaikan dan dibahas di tingkat rapat pimpinan agar dapat dipenuhi secepatnya sehingga kualitas pelayanan pendidi­kan sekolah di Maluku dapat sejajar dengan di wilayah lain,” katanya.

Ia juga berharap tingkat kelulusan dan tingkat integritas di Maluku dapat terus meningkat dari tahun tahun sebelumnya.

“Harapan saya ada peningkatan integritas dan tingkat kelulusan di Maluku dari tahun ke tahun. Untuk itu saya tekankan hindari kecurangan yang dilakukan siswa ataupun guru apalagi ada konspirasi kecurangan antara siswa yang dibantu oleh guru, agar kualitas siswa dapat terus meningkat,” tandas. 

Mendikbud dalam kunjungan ke ketiga sekolah tersebut didampingi Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

Saat berada di SMAN 5 Ambon, Mendikbud dan Wagub juga berkesempa­tan melakukan panen sayur kangkung di kebun percontohan yang dibuat guru dan siswa. (S-45)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon