Hukum ›› MDW Gelar Diskusi HAM Peringati Kematian Munir

MDW Gelar Diskusi HAM Peringati Kematian Munir


Ambon - Dalam rangka memperingati tujuh tahun terbunuhnya aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir, maka Moluccas Democratization Watch (MDW) yang selama ini konsen terhadap pemajuan HAM dan demokratisasi, menggelar diskusi HAM, Kamis (8/9). Acara yang dipusatkan di Sekretariat MDW Jl Permi Nomor 39 Wai­haong Ambon itu, mengangkat tema ‘Mengenang Munir, Melawan Lupa’.

Dalam diskusi, itu, Koordinator MDW, M. Ikhsan Tualeka me­nga­takan, acara diskusi dan pe­mutaran film ini, untuk me­ngenang kiprah dan semangat yang pernah ditunjukan almar­hum Munir dalam membela HAM. Mengingat kematiannya mem­bang­kitkan memori koletif aktivis HAM maupun masyarakat bahwa kasus pembunuhan yang dila­kukan terhadap almarhum sampai saat ini belum terungkap dan aktor intelektualnya belum diadili.

“Dengan mengelar acara semacam ini, kita bisa men­diskusikan penegakkan dan pelanggaran HAM khususnya di Maluku, yang realitasnya masih kerap terjadi. Mengenang kematian Munir juga menjadi momentum untuk mempertegas komitmen kita dalam memper­juangkan HAM,” ungkap Tualeka kepada Siwalima di Ambon, Jumat (10/9).

Hadir dalam acar tersebut, sejumlah OKP dan aktivis HAM serta masyarakat di sekitar Waihaong. Marselinus Ratuanak dari Komda PMKRI Maluku pada kesempatan tersebut usai diskusi dan pemutaran film mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi inisiasi MDW dalam menggelar kegiatan tersebut.

“Kesadaran tentang HAM memang perlu diretas secara luas dan bagi seluruh kalangan di Maluku, mengingat kita pernah punya pengalaman konflik horisontal. Pemahaman tentang HAM akan menghadirkan kesa­daran kolektif untuk menghormati hak asasi orang lain,” kata Ratuanak.

Hal yang sama juga diungkap­kan Antoni Hendrik dari Korda GMNI Maluku. Ia mengatakan, peringatan kematian Munir dapat menjadi titik bagi konsolidasi organisasi masyarakat sipil di Maluku dalam memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan dasar masyarakat, terutama dalam men­desak pemerintah dalam meme­nuhi dan menjalankan HAM bagi segenap warga di Maluku. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon