Gaya Hidup ›› Masyarakat Kurang Peduli Terhadap Perilaku hidup Sehat

Masyarakat Kurang Peduli Terhadap Perilaku hidup Sehat


Ambon - Kurang pedulinya masyarakat terhadap perilaku hidup sehat, dengan menjaga lingkungan, menyebabkan menurunnya derajat kesehatan masyarakat di Kota Ambon. Untuk itu Pemkot Ambon kembali menyarankan kepada masyarakat agar hidup sehat.

Kadis Kesehatan Kota Ambon, Theresje Torry menjelaskan, ada 10 indikator prilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) yang perlu diperhatikan oleh masyarakat yakni, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air ber­sih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik namuk di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari serta tidak merokok di dalam rumah.

Selain itu, kata dia, lingkungan dan perilaku tidak sehat juga akan membuat warga lebih mudah tertular penyakit. Untuk itu, pemerintah menyarankan kepada masyarakat dapat menerapkan prilaku hidup sehat.

“Mengobati itu kalau sudah sakit membutuhkan biaya yang besar bagi pengobatan, namun kalau perilaku hidup bersih dan sehat diterapkan dalam keluarga, maka anggota keluarga kita tidak perlu takut sakit,” ujar Torry dalam sosialisasi PHBS kepada para tenaga kesehatan yang berlangsung di lantai II Balai Kota, Senin  (8/6).

Menurutnya, dengan pelaksanaan 10 indikator PHBS ini, maka angka ke­sa­kitan itu bisa ditekan sebab mence­gah itu lebih mudah, murah dan gam­pang, dibandingkan dengan mengobati.

“Mari kita sama-sama merubah prilaku hidup masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan tempat penampu­ngan air, membersih­kan lingkungan sekitar, agar kesehatan ke­luarga kita dapat terjamin,” himbaunya. 

Ditambahkan, budaya hidup sehat itu sendiri memang sulit untuk dilakukan, namun paling tidak, harus bisa diterapkan dalam keluarga masing-masing dan sebagai aparat tugasnya untuk terus menghimbau kepada masyarakat. “Sehat atau tidak semua berpulang dari perilaku masyarakat itu sendiri. Pemerintah hanya sekedar memberikan motivasi, namun yang merubah perilaku adalah kita sendiri,” pungkasnya.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon